Cara Membuat Kolam Ikan di Rumah dengan Biaya 100 rb

Cara Membuat Kolam Ikan di Rumah dengan Biaya 100 rb - Kolam merupakan salah satu tempat dimana ikan dapat hidup dan berkembang biak, bukan hanya itu saja, saat ini fungsi kolam selan itu memelihara ikan kolam juga berfungsi untuk keindahan dan pemandangan rumah. Dengan adanya kolam tersebut rumah anda akan menjadi dekat dengan alam serta tentram. Saat ini banyak yang sudah menjual kolam baik yang terbuat dari batuan, maupun dari bata biasa, namun kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat kolam ikan di rumah dengan biaya 100 rb saja? Apa  bisa?

Berikut ini cara membuat kolam ikan di rumah dengan biaya yang terjangkau


Hal yang perlu disiapkan dalam membuat kolam adalah anda harus menentukan lokasi dan ukuran kolam yang hendak anda buat, usahakan lokasi kolam ikan tersebut berada di depan atau samping rumah, tujuannya agar tamu atau orang lain yang berkunjung ke rumah anda dapat menikmati kolam ikan anda.  Sesuaikan ukuran dengan lingkungan sekitar, buatlah ukuran kolam yang tidak terlalu besar dan juga tidak teralu kecil. Dalam pembuatan kolam yang perlu and siapkan adalah sebagai berikut:

- Semen
- Batu Bata
- Pasir
- Cangkul
- Alat untuk mengaduk
- serta alat pendukung lainnya.

Cara Membuat Kolam Ikan di Rumah dengan Biaya 100 rb
Cara Membuat Kolam Ikan di Rumah dengan Biaya 100 rb


Pilihlah bahan bangunan yang berkualitas agar kolam yang dihasilkan nantinya dapat bertahan lama serta tidak mudah rusak ataupun bocor. Setelah semua baan siap, selanjutnya gambarlah pola kolam ikan yang hendak anda buat. Dengan cara ini anda dapat memperkirakan serta mendapatkan patokan seperti apa kolam ikan anda nantinya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu tukang bangunan yang sudah berpengalaman dalam membuat kolam ikan di rumah. Jika konsep atau gambaran kolam sudah dibuat selanjutnya adalah pengerjaan kolam, apabila anda dapat membuatnya sendiri lakukan pembuatnnya sendiri, namun apabila anda tidak bisa untuk membuatnya sebaiknya serahkan saja kepada tukang yang sudah berpengalaman yang anda percaya kemudian berikan konsep kolam yang sudah anda buat tadi.

Sebaiknya dalam pembuatan kolam ikan anda harus menambahkan fitur pendukung lainnya, seperti tempat untuk menaruh tanaman, batu - batuan serta air mancur, dengan begitu kesan alami akan didapat di kolam yang baru anda buat. Jika sudah semua dilakukan selanjutnya adalah menambahkan fitur pendukung seperti: Batu - batuan kecil untuk dasar kolam, anda dapat mencarinya di dalam pasir biasanya ada atau anda bisa membelinya di tempat penjual akuarium, sesuikan ukuran dan jumlahnya dengan luas kolam yang anda buat.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Kloset Wc yang Berkerak


Berikan alat penyedot air, tujuan dari adanya alat ini adalah agar air yang ada di dalam kolam dapat bergerak serta dapat mengalir di tempat air terjun yang sudah disiapkan, fungsi lainnya adalah supaya kesan alami kolam di rumah anda dapat dimunculkan karena bunyi gemricik air yang mengalir. Setelah semua kolam dan alat pendukung sudah siap saatnya pembelian ikan, pilihlah ikan dengan motif dan cocok untuk kolam di rumah anda, sesuaikan juga ukurannya. Sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan penjual ikan agar ikan yang anda beli dan taruh di kolam dapat hidup dan dapat pula berkembang biak nantinya, jangan lupa belilah pakan ikan juga.

Dengan mempunyai kolam dirumah, tidak hanya sebagai tempat memelihara ikan, kolam juga berfungsi sebagai pemandangan di rumah anda, serta hiburan tersendiri bagi tamu yang sudah berkunjung di rumah anda, apalagi anak - anak pastinya akan senang sekali. Demikian sedikit informasi mengenai cara membuat kolam ikan di rumah dengan biaya 100 rb, Diharapkan dengan adanya informasi ini dapat memberikan anda wawasan tentang cara membuat kolam ikan yang baik dan benar, serta cara menjadikan kolam ikan sebagai pemandangan di rumah.