Cara Memperbaiki Keramik Retak

Cara Memperbaiki Keramik Retak - Keramik merupakan salah satu bahan bangunan yang dipasang di bagian lantai, saat ini banyak orang menggunakan keramik untuk dipakai lantai rumah mereka. disamping bahan yang bagus serta nyaman saat di injak, keramik sangat banyak peminatnya. Dalam pemasangan keramik yaitu dengan cara menggunakan adukan semen, kemudian keramik dipasang di lantai dan direkatkan dengan adukan semen tersebut. Dengan perkembangan teknologi saat ini bentuk serta motif keramik bermacam - macam, ada yang berbentuk bunga, batu - batuan serta tekstur lainnya. Saat ini juga terdapat permasalahan dalam keramik salah satunya adalah keramik retak setelah dipasang, kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki keramik yang retak.

Sebelum membahasa cara memperbaiki keramik yang retak terlebih dahulu mari kita kenal dulu penyebab keramik retak, berikut ini merupakan beberapa penyebab keramik retak:

  • Semen yang menjadi perekat keramik dengan tanah kurang bagus, hal ini merupakan salah satu mengapa keramik yang sudah dipasang menjadi retak. sebaiknya dalam pemasangan keramik harus diperhatikan dengan seksama , adukan semen yang dipasang harus merata melekat di semua bagian bawah keramik.
  • Keramik tidak direndam dulu di dalam air, proses ini sangatlah penting agar keramik yang anda pasang tidak retak. namun beberap jenis atau merek keramik tidak perlu membutuhkan proses ini.
  • Terlalu banyak beban diatasnya, Apabila lantai anda diisi dengan beban yang berat misalnya untuk menaruh alat - alat yang berat, maka lama kelamaan juga keramik anda menjadi retak hal ini juga merupakan salah satu penyebab keramik menjadi retak
  • Bagian sela selat keramik tidak terisi dengan nat secara merata. 
  • Adanya rongga di bagian bawah keramik
  • Penurunan tanah
  • Terjadinya pemuaian, pemuaian ini bisa terjadi karena peralihan musim misalnya dari musim dingin ke panas ataupun dari musim panas ke musim dingin

Baca Juga: Cara Merawat Blender Supaya Awet

Diatas merupakan beberapa penyebab keramik anda retak, sebaiknya pemasangan keramik harus dikerjakan dengan seksama untuk mencegah terjadinya peretakan di keramik. anda bisa suruh tukang yang berpengalaman yang anda percaya untuk  memasang keramik dirumah anda untuk mengahasilkan kualitas pemasangan terbaik. Lalu bagaimana cara memperbaiki keramik yang sudah terlanjut retak bahkan pecah?

Jika keramik anda sudah retak atau bahkan pecah mau tidak mau ya harus mengganti keramik tersebut dengan keramik yang baru dan masih utuh, dalam penggantian keramik haruslah hati - hati, karena keramik merekat dengan keramik lainnya jangan sampai dalam pengambilan keramik dapat menyebabkan keretakan keramik lainnya. sebaiknya suruhlah tukang bangunan yang sudah berpengalam dalam pemasangan maupun penggantian keramik

Cara Memperbaiki Keramik Retak
Cara Memperbaiki Keramik Retak

Berikut ini merupakan langkah - langkah memperbaiki keramik retak

1. Angkat keramik yang retak
Dalam pengangkatan keramik anda bisa menggunakan alat gerinda, perlu diingat dalam proses pengangkatan ini harus secara hati - hati agar tidak berdampang dengan keramik lainnya.
2. Usahakan lantai keramik nanti datar, jika tidak rata anda bisa ratakan terlebih dahulu dengan pasir atau tanah.
3. Persiapkan adukan
4. Pasanglah keramik secara perlaha dan hati - hati
5. Isi sela - sela keramik dengan acian semen, agar keramik dapat merekat satu dengan yang lainnya.

Memang keramik retak banyak faktornya, bisa dari kesalahan pemasangan atau bisa juga karena kondisi alam dan cuaca, namun jika anda sudah mengusai penggantian keramik itu tidak akan menjadi masalah, namun apabila anda tidak punya keahlian akan hal itu sebaiknya serahkan saja kepada orang yang sudah berpengalaman dalam penggantian keramik yang retak tersebut.

Demikian informasi mengani cara memperbaiki keramik retak, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara penggantian keramik, cara pemasangan keramik, serta penyebab keramik yang retak.
data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matching-content-columns-num = 4