Cara Merawat Blender Supaya Awet

Cara Merawat Blender Supaya Awet - Blender merupakan salah satu akat elektronik yang keberadaannya sangat dibutuhkan untuk ibu rumah tangga. Banyak fungsi dari blender anatara lain utuk membuat jus, membat bumbu dan lain sebagainya. Kin berbagai merek serta model dan fungsi banyak tersedia di pasaran. Harganya pun bebeda - beda ada yang puluhan ribu sampai yang ratusan ribu. Blender menggunakan komponen pengiris berbentuk pisau. Saat ini fungsi blender juga ada yang sudah bisa memisahkan antara air jus dan ampas buah. Mengingat blender mempunyai tugas yang berat , maka perawatan blender ini sangat dibutuhkan agar blender tetap awet.

Tips supaya blender tidak bau

Cara menghilangkan bau pada blender adalah siapkan potongan jeruk nipis, potongan jeruk nipis ini digunakan bersamaan dengan mencuci blender, sebaiknya setalah penggunaan blender langsung dicuci, supaya tidak ada bekas buah atau makanan lain yang menempel yang dapat menimbulnya bau di blender
 atau dengan menggunakan roti tawar, roti tawar ini berfungsi untuk meyerap bau yang ada di sekitar,setelah itu bersihkan blender sampai bersih kemudian lap hingga kering.

Dengan menggunakan cara diatas anda sudah dapat mengilangkan bau pada blender, selanjutnya adalah cara perawatan blender supaya awet, perawatan ini penting karena dengan merawat blender secara rutin dapat mencegah kerusakan blender itu sendiri, dan apabila blender tidak rusak tentunya tidak menguras kantong anda juga kan? 

 Cara Merawat Blender Supaya Awet
 Cara Merawat Blender Supaya Awet

Cara Perawatan Blender Supaya Tidak Rusak


- Periksa tegangan listrik dirumah anda, pastikan listriknya stabil tidak naik turun, karena dengan listrik yang naik turun dapat menyebabkan alat eletronik rusak.
- Jangan terlalu lama menggunakan blender, sebaiknya dalam menggunakan blender berikan jeda, contoh anda ingin memblender dengan waktu 1 jam, anda harus mematikan blender setiap 20 menit sekali, tujuannya agar mesin blender dapat dingin terlebih dahulu.
- Setelah digunakan, cuci blender beserta komponen lain agar blender tetap bersih serta sisa sisa buah atau makanan tidak menempel terlalu lama dan dapat menyebabkan bau tak sedap pada blender anda.
- Perhatikan pencucian, jangan mencuci blender pada bodinya. karena di dalam bodi tersebut terdapat banyak motor dan komponen kelistrikan,  Apabila motor dan komponen kelistrikan terkena air maka dapat menyebabkan kerusakan pada blender anda.

Baca Juga: Cara Membersihkan Lantai yang Berdebu


Selain perawatan blender, penggunaan blender juga dapat berpengaruh dalam tingkat keawetan blender tersebuat, berikut ini merupakan cara penggunaan blender supaya lebih awet:

- Sesuaikan tigkat kecepatan dengan tugas yang harus dikerjakan, Pilihlah level kecepatan dengan jenis bahan olahan, tujuannya agar blender dapat menyelesaikan tugas dengan semestinya.
- Perhatikan tabung sebelum blender anda hidupkan.
- Hindari pengisian tabung melebih kapasitas, karena dengan melebih kapasitas ini dapat menyebabkan bahan kita akan melubar nantinya.
- Jangan menyalakan blender terlalu lama, tujuannya agar tidak terjadi keausan pada motor blender anda.

Dengan merawat blender, maka bender anda juga dapat bertahan lebih awet, lebih baik merawat kan dari pada membeli baru lagi, karena dengan pembelian baru tentunya akan memakan biaya. dengan blender yang teraat tentunya dapat memudahkan anda dalam membuat jus, membuat bumbu dan lain sebagainya, serta menjadikan pekerjaan memasak anda jauh lebih mudah.

Demikian informasi mengenai cara merawat blender supaya awet, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda mengenai cara merawat blender cara mencuci blender, cara penggunaan blender yang baik dan benar.