-->

Cara Membuat Lubang Pada Pipa Paralon

Cara Membuat Lubang Pada Pipa Paralon - Pipa paralon merupakan salah satu bahan material bangunan yang mempunyai peranan yang sangat penting dirumah. Ketika anda ingin memanfaatkan pipa paralon tersebut dan membutuhkan sebuah lubang papa pipa paralon tersebut, yang harus anda lakukan adalah membuat lubang pada bagian pipa tersebut, Jika anda sedang mencari informasi mengenai cara membuat lubang pada pipa paralon berikut ini kami sajikan informasinya.

Kali ini kita akan membahas tentang tips membuat lubang pada pipa paralon dengan mudah, untuk pembuatan lubang pada pipa paraln ini sebenarnya mudah sekali dilakukan, Berikut ini langkah - langkah membuat lubang pada pipa paralon tersebut:

1. Persiapan Alat dan Bahan
Dalam membuat lubang pada pipa paralon kali ini, kita menggunakan solder sebagai alatnya, Meskipun banyak sekali cara untuk melubangi pipa tersebut, namun dengan cara inilah yang paling mudah untuk dilakukan serta prosesnya cepat, Berikut ini alat dan bahan yang dibutuhkan  untuk membuat lubang pada pipa paralon tersebut:
- Solder
Solder ini nantinya untuk melubangi pipa paralon tersebut, dengan solder yang panas maka semakin mudah untuk membuat pipa paralon tersebut berlubang
- Pipa Paralon
Pipa yang akan kita lubangi
- Spidol
Spidol ini nantinya digunakan sebagai alat penanda pada bagian yang akan kita lubangi, hal ini akan memudahkan proses pembuatan lubang nantinya.
- Cutter
Cutter ini berfungsi untuk merapikan hasil pelubangan, biasanya terdapat sisa paralon yang menempel.

2. Proses Pembuatan Lubang

Berikut ini langkah - langkah proses pelubangan pada pipa paralon:

1. Siapkan tempat nyaman untuk membuat lubang ini, sebaiknya tempat yang anda pilih memiliki kualitas penerangan yang bagus agar memudahkan anda dalam pelubangan pipa tersebut.
2. Nyalakan solder, pastikan panas yang terdapat pada solder tersebut merata sebelum menggunakannya untuk melubangi pipa, karena dengan panas yang baik akan memudahkan kita dalam pembuatan lubang pipa paralon ini.

Baca Juga:

3. Tandai Pipa paralon tersebut, Untuk mempermudah kita dalam pembuatan lubang pipa paralon ini sebaiknya diberikan tanda, misalnya dengan menggunakan spidol hal ini akan mempermudah dan mempercepat kita dalam proses penyolderan nantinya.
4. Jika solder dan penandaan sudah siap, selanjutnya arahkan mata solder tersebut tepat di area yang sudah kita berikan tanda, tusukkan beberapa kali sehingga pipa tersebut berlubang.
5. Jika lubang sudah sesuai dengan yang diinginkan, cabung solder tersebut dari pipa, kemudian matikan solder.
6. Dalam proses pembuatan lubang dengan menggunakan solder ini tetunya ada bagian yang kurang rapi, anda bisa merapikannya dengan menggunakan cutter.
 7. Proses pelubangan pipa paralon selesai, dan sudah siap digunakan.

Cara Membuat Lubang Pada Pipa Paralon
Cara Membuat Lubang Pada Pipa Paralon
 Untuk membuat lubang pada pipa paralon ini sebenarnya mudah, teknik ini anda bisa coba sendiri dirumah, dengan cara tersebut proses pelubangan tentunya dapat berlangsung cepat. Demikian informasi mengenai cara membuat lubang pada pipa paralon, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips membuat lubang pada pipa paralon, cara melubangi pipa paralon dengan solder, manfaat solder.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel