-->

Cara Menghilangkan Lumut di Tandon Air

Cara Menghilangkan Lumut di Tandon Air - Tandon air merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang mempunyai peranan penting, tandon air ini digunakan sebagai penampungan air sebelum digunakan, biasanya ketika tandon air ini berkurang, pompa air akan menyala otomatis sehingga dapat mengisi tando air itu kembali. Namun penggunaan tandon air ini biasanya terdapat permasalahan yaitu munculnya lumut pada tandon air tersebut, lumut ini muncul karena terdapat mikroorganisme yang hidup pada tandon air tersebut, Lalu adakah cara untuk menghilangkan lumut tersebut? Kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan lumut di tandon air.

Penempatan tandon air ini biasanya ditempat yang tingi sehingga jauh dari perhatian kita semuanya, akibatnya muncullah lumut yang apat menyebabkan air menjadi berubah warna. Untuk menghilangkan lumut tersebut membutuhkan beberapa alat dan bahan, berikut ini beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:

Alat dan Bahan:
- Air
- Sikat
- Wadah
- Air Bersih
- Busa
- Alat Pel

Setelah alat dan bahan sudah siap, anda dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu proses menghilangkan lumut pada tandon air tersebut, adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buang air yang terdapat di dalam tandon air
Dalam proses menghilangkan lumut ini, sebaiknya buanglah air yang terdapat di dalam tandon tersebut, hal ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam melakukan pembersihan serta melihat letak dari lumut tersebut.

2. Siapkan Alat yang dibutuhkan
Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan sebelum masuk ke dalam tandon air. 

3. Proses Pembersihan
Untuk membersihkan tandon air ini terdapat banyak caranya, masing - masing cara menyesuaikan ukuran dan bentuk tandon air tersebut, Berikut ini cara membersihkan tandon air berdasarkan bentuk dan ukuran tandon:
- Tandon Ukuran Kecil
Untuk menghilangkan lumut yang terdapat dalam tandon air tersebut adalah dengan cara menggunakan alat pel, Karena bentuknya yang kecil sehingga tidak memungkinkan tubuh kita masuk ke dalam tandon tersebut maka solusi yang paling tepat adalah dengan menggunakan alat pel tersebut.

- Tandon yang Terbuat dari Logam
Untuk menghilangkan lumut pada tandon air ynag terbuat dari logam juga dapat memanfaatkan alat pel, karena takutnya jika anda masuk ke dalamnya akan membuat tandon tersebut justru penyok.

- Tandon Ukuran Besar
Jika tandon yang anda memiliki ukuran yang besar dan memungkinkan tubuah anda masuk ke dalamnya, anda dapat melakukan pembersihan langsung. 

4. Gosok Bagian yang Berlumut
Gosok bagian yang berlumut tersebut dengan menggunakan sikat, untuk menggosoknya sebaiknya dilakukan secara teliti, agar lumut yang terdapat pada tandon air tersebut benar - benar hilang.

5. Bilas dengan Air Bersih
Jika dirasa lumutnya sudah mulai menghilang, anda dapat melakukan proses pembilasan, caranya adalah nyalakan pompa air tersebut. Ketika proses pengisian air, anda dapat melakukan proses penggosokan dengan spon.

Baca Juga:


6. Ulangi Proses Sampai Benar - Benar Bersih
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ulangi beberapa cara diatas.

Untuk menghilangkan lumut di tandon air sebenarnya banyak sekali caranya, untuk membersihkan tandon ini harus dilakukan secara berkala agar lumut tersebut tidak terdapat pada tandon air di rumah anda. Karena tandon air merupakan salah satu perabotan yang penting sehingga menjaga kebersihan tandon air merupakan salah satu hal yang utama. 

Cara Menghilangkan Lumut di Tandon Air
Cara Menghilangkan Lumut di Tandon Air
Demikian informasi mengenai cara menghilangkan laumut di tandon air, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips membersihkan tandon air, cara merawat tandon air agar awet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel