Cara Merawat Spons Cuci Piring yang Baik dan Benar

Cara Merawat Spons Cuci Piring yang Baik dan Benar - Mencuci piring merupakan kegiatan yang rutin dilakukan sehari - hari, apalagi jika anda sebagai ibu rumah tangga, mencuci piring merupakan salah satu kegiatan wajib di pagi hari. Dalam proses pencucian piring biasanya menggunakan spons stau busa. Spons tersebut sangat bermanfaat sekali untuk mencuci piring, begitu pentingnya spons tersebut maka perawatan spons juga harus diperhatikan, lalu bagaimana cara merawat spons cuci piring yang baik dan benar?

Kali ini kita akan membahas tentang cara merawat spons cuci piring yang baik dan benar, berikut ini beberapa tips yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah:

1. Melakukan Pencucian Spons Sehaib diguanakan
Ketika setelah anda gunakan spons tersebut untuk mencuci piring, sebaiknya segera lakukan pencucian, agar sisa - sisa kotoran dan sabun yang menempel segera hilang. Anda bisa mencucinya dengan sabun khusus agar terhindari dari kuman dan bakteri, setelah dicuci keringkan hingga benar - benar kering sebelum anda gunakan kembali

2. Hindari Merendam Spons Terlalu Lama
Ketika sudah tidak digunakan, sebaiknya spons tersebut disimpan di tempat yang kering, jangan sampai spons tersebut anda rendam terlalu lama, karena jika hal itu anda lakukan spons anda cepat rusak serta menjadi tempat berkembang biak kuman.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Karat Pada Sendok
 
3. Gunakan Spons Sejenis
Sebaiknya anda memiliki beberapa spons untuk pencucian, agar spons tersebut dapat dipisahkan masing - masing fungsinya, misalnya spons  A digunakan untuk mencuci piring, gelas dan lainnya, sedangkan spons B digunakan untuk mencuci alat masak seperti panci dan lain sebagainya, dengan begitu spons anda menjadi lebih terawat serta cara membersihkannya mudah.

4. Penggunaan Spons yang Benar
Cara merawat spons cuci piring selanjutnya adalah dengan menggunakan spons tersebut sesuai dengan kegunaanya, misalnya ketika mau mencuci piring dan ternyata piring tersebut masih terdapat sisa makanan, sebaiknya jangan langsung menggunakan spons tersebut untuk membersihkannya, anda bisa membuang sisa makanan yang ada, tujuannya agar spons tersebut nantinya akan awet.

5. Ganti Spons Jika diperlukan
Spons yang sudah digunakan terlalu lama akan menyebabkan kerusakan pada spons tersebut, jika hal itu terjadi yang bisa anda lakukan adalah dengan cara menggantinya dengan spons yang baru, karena spons ini nantinya digunakan untuk mencuci piring maka menjaga kehigieniesan itu penting.

Cara Merawat Spons Cuci Piring yang Baik dan Benar
Cara Merawat Spons Cuci Piring yang Baik dan Benar

Dengan melakukan perawatan spons cuci piring dengan benar otomatis anda turut serta menjaga kesehatan keluarga anda, demikian informasi mengenai cara merawat spons cuci piring yang baik dan benar, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah waawasan anda tentang tips mencuci piring dengan spons, cara merawat spons cuci piring.