Cara Memasang Keramik Lantai dan Dinding

Cara Memasang Keramik Lantai dan Dinding - Keramik merupakan bahan material bahan bangunan yang populer saat ini, biasanya keramik ini dapat dipasang di lantai maupun dinding, Saat ini banyak sekali motif dan warna dari kermaik, apabila anda sedang mencari informasi mengenai cara memasang keramik lantai dan dinding, berikut ini informasinya.

Untuk memasang keramik dinding dan lantai ini sama, namun mempunyai sedikit perbedaan, Namun sebelum masuk ke proses pemasangan keramik, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan, antara lain sebagai berikut:

- Cetok
- Semen
- Pasir
- Air
- Alat Ukur
- Benang
- Keramik 
- Wadah

Dalam pemilihan bahan ini usahakan yang mempunyai kualitas terbaik, agar keramik yang sudah dipasang dapat bertahan lama. Berikut ini langkah - langkah dalam memasang keramik lantai dan dinding di rumah dengan mudah.


Cara Memasang Keramik Lantai dan Dinding


1. Bersihkan Lokasi yang Akan di Pasangi Keramik
Untuk mempermudah dan mempercepat proses pemasangan keramik ini, pastikan lokasi tersebut sudah bersih dari kotoran maupun barang lainnya.

2. Lakukan Pengukuran
Pengukuran ini penting, tujuannya untuk memperkirakan jumlah keramik yang dihabiskan, serta memperkirakaan letak penyambungan nantinya.

3. Buatlah Tulangan
Tulangan merupakan bagian keramik yang menjadi pedoman, biasanya pemasngan keramik ini dimulai dari bagian tengah rumah.

4. Rendam Keramik dengan Air
Sebelum memasang keramik, rendamlah keramik tersebut di sebuah wadah, Tujuannya agar keramik tersebut mudah menempel pada adukan dan tidak mudah pecah.

5. Buatlah Ukuran dengan Menggunakan Benang
Agar pemasangan keramik lurus dan rata, buatlah sebuah pedoman, anda dapat membuatnya dari benang. Caranya tarik benang lurus pada area yang akan di pasangi keramik. Untuk pemasangan keramik harus mengikuti jalur benang tersebut dari segi lebar dan tingginya.

6. Buatlah Adukan Semen, Pasir, dan Air
Untuk membuat adukan ini sebaiknya disesuaikan, pastikan hasilnya tidak terlalu encer maupun keras. Campur ketiga bahan tersebut sampai benar - benar matang.

7. Taruh Adukan Pada Lokasi Pemasangan
Setelah adukan sudah jadi, taruh adukan tersebut di lokasi yang akan dipasangi keramik. Pastikan ketinggian adukan ini disesuaikan jangan sampai ketika dipasangi keramik melebihi benang yang sudah dipasang tadi, Cek kembali adukan yang dipasang, pastikan merata, karena jika ada yang kosong dapat menyebabkan keramik tersebut cepat pecah.

8. Aplikasikan Keramik
Jika adukan sudah siap, selanjutnya taruh keramik tersebut diatas adukan. Pastikan posisinya lurus dan mengikuti patokan benang yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk pemasangan ini perhatikan juga nat keramik, Minimal lebar nat adalah 4 - 5 mm.

Baca Juga:


9. Lakukan Pengisian Nat
Nat ini harus diisi, agar keramik tersebut dapat menempel dengan kuat satu sama lain, untuk pengisian nat keramik ini sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

10. Bersihkan Keramik
Jika sudah menempel di lantai, bersihkan sisa - sisa semen yang menempel, agar terlihat bagus.

Cara Memasang Keramik Lantai dan Dinding
Cara Memasang Keramik Lantai dan Dinding
Untuk memasang keramik ini sebenarnya mudah, namun membutuhkan teknikdan cara tersenidiri, oleh karena itu jika anda tidak memiliki keahlian dalam pemasangan keramik, sebaiknya serhakan urusan tersebut kepada orang yang sudah berpengalaman dalam pemasangamn keramik ini agar hasil yang didapatkan memuaskan. Demikian informasi mengenai cara memasang keramik lantai dan dinding, diharapkan dengan adnaya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pemasangan keramik, langkah - langkah dalam memasang keramik.
data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matching-content-columns-num = 4