-->

Cara Membuat Meja Lipat dari Besi

Cara Membuat Meja Lipat dari Besi - Meja merupakan salah satu perabotan yang banyak digunakan, model meja beraneka ragam, salah satunya adalah meja lipat, biasanya bahan untuk membuat meja lipat terbuat dari kayu, maupun besi. Nah jika anda sedang mencari informasi mengenai cara membuat meja dari besi berikut ini informasinya.

Kali ini kita akan membahas tentang pembuatan meja lipat dari besi, besi ini dipilih karena mempunyai tekstur kuat, mudah dibentuk dan dijumpai. Dengan menggunakan meja lipat tersebut sangatlah praktis, karena apabila meja tersebut tidak dipakai, bisa anda lipat sehingga tidak memenuhi space rumah anda. Untuk pembuatan meja lipat besi ini membutuhkan beberapa alat dan bahan, berikut ini diantaranya:

- Besi
- Mesin Las
- Alat Ukur
- Kuas
- Cat
- Gerinda

Pilihlah besi yang mempunyai kualitas baik, agar ketika proses perangkaian dan nanti ketika digunakan tidak mudah rusak. Bagian finishing nanti menggunakan cat, agar besi tersebut tidak mudah berkarat dan tentunya dapat membuat meja lipat besi tersebut lebih menarik lagi. Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat melanjutkan proses selanjtnya yaitu langkah - langkah dalam pembuatan meja lipat dari besi:

1. Konsep Awal
Bagian pertama yang harus dilakukan yaitu dengan membuat konsep awal, dalam tahap ini anda harus menggambar desain, menentukan ukuran masing - masing bagian, proses perangkain dan proses finishing. Di tahapan inilah nantinya gambaran tentang meja lipat tersebut dihasilkan. Jika konsep ini sudah jadi, nantinya akan mempermudah untuk melanjutkan tahapan berikutnya seperti pemotongan bahan serta perangkaian.

2. Pengukuran Besi
Langkah selanjutnya yaitu dengan mengukur sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, hal ini dilakukan sebelum masuk ke proses pemotongan, bahan yang ada pastinya tidak pas dengan ukuran yang sudah dibuat pada bagian konsep tadi, oleh sebab itu pengukuran harus dilakukan. Tandai pada bagian yang akan dipotong nantinya.

3. Pemotongan Besi
Setelah area yang akan dipotong sudah ditentukan, anda dapat memulai proses pemotongan, untuk memotong besi ini banyak sekali caranya salah satunya adalah dengan menggunakan mesin gerinda. Ketika proses pemotongan sebaiknya dilakukan dengan hati - hati dan teliti agar hasil pemotongan bagus nantinya.

4. Perangkaian
Jika bahan tersebut sudah siap semua, lanjut ke proses perangkaian, tahap ini merupakan tahapan yang membutuhkan proses agak lama, karena anda harus menyatukan satu bagian dengan yang lainnya sehingga dapat membentuk sebuah meja lipat. Karena bahan pembuatan meja ini dari besi, untuk merekatkannya dapat menggunakan mesin las.

5. Proses Akhir
Jika meja lipat sudah terbentuk, anda dapat melakukan proses finishing yaitu dengan cara melakukan pengecetan. Dengan memberikan cat pada besi tersebut akan mencegah terjadinya karat serta dapat mempercantik desain meja lipat tersebut. Sesuaikan warna dengan kesukaan atau tema rumah anda.

Baca Juga:

Apabila anda berencana ingin membuat meja lipat dari besi, ikuti tips diatas. Dalam pembuatan meja lipa dari besi ini membutuhkan teknik khusus, apabila anda tidak memiliki keahlian tersebut sebaiknya serahkan urusan pembuatan meja lipat dari besi ini kepada ahli yang sudah berpengalaman.

Cara Membuat Meja Lipat dari Besi
Cara Membuat Meja Lipat dari Besi
Demikian informasi mengenai cara membuat meja lipat dari besi, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan meja lipat dari besi, konsep desain meja lipat dari besi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel