Tips Membuat Plesteran Lantai Paling Mudah

Tips Membuat Plesteran Lantai Paling Mudah - Lantai merpakan salah satu bagian yang terdapat di sebuah rumah atau bangunan, bahan untuk membuat lantai ini bermacam - macam, ada yang terbuat dari keramik, marmer, plesteran dan lain sebagainya. Masing - masing bahan tentunya memiliki keunggulan, Kali ini kita akan membahas tentang tips membuat plesteran lantai paling mudah.

Jika anda memutuskan untuk menggunakan plesteran sebagai alas untuk lantai rumah anda, maka anda juga harus tahu bahan - bahan yang digunakan untuk membuat plesteran serta cara memasangnya. Berikut ini beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan jika ingin membuat pleseteran lantai:

Alat dan Bahan:
- Semen
- Air
- Pasir
- Cetok
- Benang

Siapkan beberapa alat diatas, gunakanlah alat dan bahan yang mempunyai kualitas baik agar dapat mempercepat dan mempermudah pembuatan plesteran lantai ini. Jika alat dan bahan diatas sudah siap, langkah selanjutnya yaitu proses pembuatan plesteran lantai, anda dapat mengikuti cara - cara berikut ini:

1. Pengerasan Tanah
Hal  pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan cara mengeraskan kondisi tanah tersebut, agar jika plesteran ini diaplikasikan tidak membuatnya cepat rusak. Anda dapat mengeraskan tanah dengan menggunakan palu yang besar.

2. Pemasangan Benang
Untuk mendapatkan plesteran lantai yang lurus dan rata salah satunya adalah dengan cara memasang benang, tujuannya agar plesteran tersebut dapat sama rata. 

3. Pembuatan Adukan
Untuk plesteran lantai, adukan yang dipakai terdiri dari semen, pasir dan air sesuaikan ukurannya masing - masing, aduk hingga benar - benar matang dan siap digunakan.

4. Siram Tanah yang Akan di Plester
Sebelum menaruh adukan di lantai tersebut, terlebih dulu basahi lokasi tersebut dengan air secukupnya, tujuannya adalah agar tanah menjadi lembab sehingga adukan nantinya dapat menempel dengan erat.

5. Tuang Adukan di Lokasi yang Sudah di Tentukan
Tuang adukan di lokasi tersebut, pastikan ketinggian adukan ini disesuaikan dengan benang yang sudah dipasang sebelumnya.

6. Ratakan dengan Menggunakan Cetok
Agar plesteran tersbeut rata, anda dapat menggunakan cetok.

7. Ulangi Penuangan Beton dan Perataan
Ulangi proses diatas sampai semua lokasi tersebut tertutupi oleh adukan, dalam menuangkan adukan ini pastikan tidak ada bagian yang kosong.

8. Diamkan Hingga Kering
Jika semua bagaian sudah tertutupi oleh adukan, diamkan hingga plesteran tersebut kering terlebih dahulu, baru anda dapat melanjutkan proses berikutnya.

Baca Juga:


9. Pengacian
Jika sudah benar - benar kering, anda dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu pengacian. Dalam pengacian ini harus dilakukan secara hati - hati agar plesteran lantai tersebut benar- benar rapi dan merata.

Untuk membuat plesteran lantai ini mudah sekali, anda dapat mengikuti tips diatas, namun apabila anda tidak mempunyai keahlian dalam memplester lantai, sebaiknya serahkan urusan plester lantai tersebut kepada ahli bangunan yang sudah berpengalaman.

Tips Membuat Plesteran Lantai Paling Mudah
Tips Membuat Plesteran Lantai Paling Mudah
Demikian informasi mengenai tips membuat plesteran lantai paling mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara pembuatan plesteran lantai, model plesteran lantai, keunggulan lantai plesteran.