Cara Membersihkan Printer yang Berdebu

Cara Membersihkan Printer yang Berdebu - Printer merupakan salah satu perangkat keras komputer, alat ini berfungsi untuk mencetak teks, gambar dan lain sebagainya ke dalam sebuah kertas. Biasanya printer ini diletakkan di sebelah meja komputer dan di dalam ruang kerja, maupun ruang belajar. Apabila printer tersebut sudah digunakan lama, maka debu pastinya menempel pada permukaan printer tersebut, lalu bagaimana cara membersihkannya? Kali ini kita akan membahas tentang cara membersihkan printer yang berdebu.

Untuk membersihkan permukaan printer ini banyak sekali caranya, namaun untuk membersihkannya membutuhkan beberapa alat dan bahan. Berikut ini beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan printer tersebut:

- Tissue Basah
- Tissue Kering
- Kemoceng

Untuk mendapatkan tissue tersebut, anda dapat membelinya di toko terdekat. Apabila semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat memulai proses pembersihan printer. Anda dapat mengikuti beberapa langkah - langkah dalam membersihkan printer yang berdebu berikut ini:

1. Cabut Semua Colokan
Agar proses pembersihan printer aman, cabut semua colokan yangn terdapat di dalam printer tersebut, yaitu colokan saklar dan colokan usb.

2. Siapkan Lokasi yang Nyaman
Agar proses pembersihan ini dapat berlangsung cepat dan lancar, sebaiknya pilihlah lokasi pembersihan yang nyaman serta mempunyai penerangan yang cukup agar debu yang menempel tersebut dapat terlihat dengan jelas dan nantinya mudah untuk di bersihkan.

3. Proses Pembersihan
Untuk proses pembersihan ini ada beberapa tahapan yaitu tahap awal, tengah dan akhir. Berikut ini masing - masing penjelasan tahap - tahapanya:

- Tahap Awal
Pada tahap ini pertama - tama bersihkan debu tersebut dengan menggunakan kemoceng, pastikan debu yang menempel pada permukaan printer tersebut hilang. Lakukan pengelapan dengan kemoceng dengan arah horizontal maupun vertikal.

- Tahap Tengah
Setelah debu yang terdapat pada permukaan printer tersebut sudah hilang, langkah selanjutnya yaitu membersihkan debu - debu yang menempel yang sulit dilap dengan kemoceng. Caranya adalah lap dengan menggunakan tissue basah, pastikan debu yang menempel tersebut hilang.

- Tahap Akhir
Ini merupakan bagian akhir dalam membersihkan printer, setelah proses pembersihan pastinya masih terdapat sisa - sisa kotoran bekas pembersihan. Untuk membersihkannya dapat menggunakan tissue yang kering.

Baca Juga:
4. Pasang Kembali Printer
Jika semua proses pembersihan printer telah selesai, anda dapat memasang kembali printer tersebut, serta dapat menggunakannya kembali.

Cara Membersihkan Printer yang Berdebu
Cara Membersihkan Printer yang Berdebu
Untuk membersihkan printer ini sebaiknya dilakukan secara berkala, misalnya 1 bulan sekali atau jika printer tersebut sudah benar - benar berdebu. Apabila printer tersebut dirawat dengan baik pastinya akan awet. Demikian informasi mengenai cara membersihkan printer yang berdebu, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips membersihkan printer, cara merawat printer supaya awet.