-->

Cara Membuat Ukiran Kayu Bagi Pemula

Cara Membuat Ukiran Kayu Bagi Pemula - Kayu merupakan salah satu bahan yang dapat dibentuk sesuai selera, media kayu dapat juga dapat dijadikan perabotan yang mempunyai seni tinggi. Salah satuya adalah dengan melakukan pengukiran pada kayu tersebut. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat ukiran kayu bagi pemula.

Bagi pemula, membuat ukiran kayu ini sangatlah tidak mudah, namun jika anda mau belajar untuk bisa nantinya akan terasa lebih mudah. Oleh karena itu kemauan untuk belajar yang tinggi yag harus anda tanamkan terlebih dahulu. Jika anda ingin membuat ukiran kayu sederhana, berikut ini merupakan beberpa tips yang dapat anda praktekkan langsung.

1. Tentukan Gambar dan Pola
Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika ingin membuat ukiran kayu ini adalah dengan menentukan gambar atau pola yang akan dibuat nantinya, dengan begitu proses pengerjaan nantiya akan mudah serta terarah. Dalam menentukan gambar dan pola ini, sesuaikanlah dengan posisi dimana anda akan melakukan pengukiran. Jadi untuk bentuk, ukuran dan lain sebagainya haruslah sesuai.

2. Siapkan Alat dan Bahan
Untuk membuat ukiran kayu ini ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan, antara lain sebagai berikut:
- Pahatan Kayu
- Palu
- Pensil
- Pola Gambar
- Sarung Tangan

3. Siapkan Tempat yang Nyaman
Agar proses pembuatan ukiran kayu ini dapat berlangsung dengan mudah, maka anda juga harus mencari lokasi pengukiran yang nyaman. Baik dari suasana maupun dari sisi penerangan, hal ini penting karena pekerjaan mengukir kayu membutuhkan konsentrasi dan ketelitian yang tinggi.

4. Proses Pemahatan
Jika persiapan diatas sudah dilakukan semua, anda dapat memulai proses pengukiran ini, namun ketika anda memulai untuk melakukan pengukiran, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Antara lain sebagai berikut:
- Tentukan titik mulai dan titik akhir
- Lakukanlah secara hati - hati dan teliti
- Istirahatlah beberapa saat agar tidak capek
- Bersihkan sisa - sisa kayu yang telah diukir

Baca Juga:
5. Proses Akhir
Jika proses pengukiran sudah berakhir,  langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan di setiap bagian. Pastikan tidak ada bagian yang tertinggal. 

Cara Membuat Ukiran Kayu Bagi Pemula
Cara Membuat Ukiran Kayu Bagi Pemula
Bagi anda yang masih pemula dalam membuat ukiran ini sebaiknya pilihlah bentuk yang sederhana saja, hal ini dimaksudkan agar proses pengerjaan akan berlangsung dengan cepat. Selalu konsultasi dengan ahli yang sudah berpengalaman dalam membuat ukiran kayu. Demikian informasi mengenai cara membuat ukiran kayu bagi pemula, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan ukiran kayu, tutorial membuat ukiran kayu bagi pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel