Cara Merawat Ukiran Kayu dengan Cara Sederhana

Cara Merawat Ukiran Kayu dengan Cara Sederhana - Kayu merupakan salah satu jenis bahan yang mudah untuk dibentuk, salah satunya adalah dengan melakukan pengukiran pada kayu tersebut. Jika anda sudah memiliki perabotan dan sudah diukir, maka kayu tersebut haruslah dirawat agar ukiran yang terdapat dalam kayu tidak hilangdan tetap mempunyai bentuk yang bagus. Lalu bagaimana caranya? Kali ini kita akan membahas tentang cara merawat ukiran kayu dengan cara sederhana.

Untuk merawat ukiran kayu ini sangatlah mudah sekali, dan anda dapat melakukannya sendiri. Adapun caranya adalah sebagai berikut. Berikut ini beberapa cara untuk merawat ukiran kayu yang dapat anda praktekkan:

1. Berikan Cairan Pembersih
Untuk merawat ukiran kayu ini anda dapat menggunakan cairan pembersih, untuk medapatkannya anda dapat membelinya di toko terdekat, pilihlah produk yang berkualitas, agar hasil yang didapatkan juga maksimal.

2. Menggunakan Cairan Linseed Oil
Cara kedua untuk merawat ukiran kayu tersebut adalah dengan pemberian cairan linseed oil, tujuannya agar ukiran kayu tersebut dapat terlindugi dari kotoran, minyak, dan kotoran lainnya. Untuk pemberian linseed oil anda anda dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

- Amplas Pemukaan Kayu Terlebih Dahulu
Pertama - tama amplas permukaan kayu tersebut, gunaknlah amplas cocok. Karena jenis amplas ini banyak seklai, mulai dari yang halus sampai dengan yang kasar. Dalam melakukan pengamplasan ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati, jangan sampai proses pengamplasan ini justru dapat merusak bentuk ukiran tersebut.

- Berikan Cairtan Linseed Oil
Jika permukaan kayu sudah diamplas, selanjutnya adalah pemberian cairan linseed oil. Caranya adalah sapukan cairan tersebut dengan menggunakan kuas tepat diatasnya. Pastikan dalam pemberian cairan tersebut rata dan tidak ada bagian yang tertinggal, ulangi beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

- Diamkan Hingga Kering
Setelah memberikan airan tersebut, tunggu beberapa saat hingga kayu pemukaan kayu tersebut mengering, biasanya agar kayu tersebut kering sempurna membutuhkan wakyu kurang lebih 2 - 3 jam.

Baca Juga:
3. Perawatan Harian
Dalam merawat ukiran kayu ini dibutuhkan juga perawatan harian, salah satunya adalah dengan cara mengelap kayu tersebut, agar debu dan kotoran lainnya tidak menempel. Untuk proses pembersihan ini anda dapat menggunakan lap yang bersih atau kemoceng.

Cara Merawat Ukiran Kayu dengan Cara Sederhana
Cara Merawat Ukiran Kayu dengan Cara Sederhana
Banyak sekali cara merawat ukiran kayu ini, beberapa diantaranya adalah yang sudah dijelaskan diatas tadi. Dengan perawatan yang benar, ukiran kayu anda tentunya akan lebih awet. Demikian informasi mengenai cara merawat ukiran kayu dengan cara sederhana, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang perawatan ukiran kayu, tips merawat ukiran kayu agar awet.