-->

Cara Memasang Senar Gitar Untuk Pemula

Cara Memasang Senar Gitar - Gitar merupakan salah stau jenis alat musik petik, gitar akustik ini dilengkapi dengan senar yang dapat menghasilkan bunyi ketika dipetik. Namun senar ini juga dapat purtus. Banyak faktor yang menyebabkan senar ghitar putus seperti umur senar sudah lama, kualitas senar kurang bagus, pemetikan yang salah dan masih banyak faktor lainnya. Kali ini kita akan membahas tentang cara memasang senar gitar, jadi apabila anda pemula dan belum mengetahui caranya, berikut ini langkah - langkah dalam pemasangan senar yang dapat anda ikuti.

Cara Memasang Senar Gitar Untuk Pemula
Cara Memasang Senar Gitar Untuk Pemula
Sebelum memasang senar gitar, ada beberapa alat dan bahan yang harus anda siapkan antara lain sebagai berikut
1. Senar
Untuk mendapatkan senar yang bagus anda dapat mengikuti beberpa tips pemilohan senar berikut ini:
- Pilihlah bahan yang tepat dan mempunyai kualitas terbaik, untuk mengetahui sepesifikasi dari senar tersebut anda dapat menanyakan kepada penjual atau anda juga dapat mencarinya diinternet.

- Sesuaikan ukuran ketebalan dengan jari
Hal yang penting adalah menyesuaikan ukuran ketebalan senar dengan jari pemakainya, oleh karena itu ukuran yang pas dapat membuat total dalam memainkan gitar.

- Pilihlah Senar yang Mempunyai Lapisan
Dengan memiliki lapisan, maka senar tersebut tentunya lebih awet terhadap gorean mauun petikan, dengan begitu senar menjadi tidak mudah putus.

Teknik Pemasangan Senar Gitar Paling Mudah


Setelah mengetahui cara memilih senar yang bagus, selanjutnya adalah bagaimana cara memaang senar tersebut di gitar, berikut ini merupakan langkah - langkah dalam memasang senar gitar yang dapat anda ikuti:

1. Cabut Senar Lama yang Putus
Pertama - tama awali dengan mencabut senar lama ynag masih terapasang di gitar, caranya adalah dengan menariknya kearah depan.

2. Masukkan Senar Baru Melalui Belakang
Selanjutnya adalah memasukkan senar baru dengan cara melalui bagian belakang, Untuk jalurnya adalah mengikuti jalur dimana senar tersebut dipasang, jadi sesuaikanlah jalur masing - masing senarnya.

3. Lakukan Penekanan Agar Senar Dapat Masuk
Jika senar sudah dimasukkan lewat jalur bekang, selanjutnya adalah dengan melakukan penekanan agar senar benar - benar masuk ke dalam area yang sudah ditentukan.

4. Tarik Bulu Senar
Warna bulu snar ini banyak sekali, setelah ditekan selanjutnya adalah dengan menarik bulu tersebut secara perlaha sampai bulu hanya nampak sedikit.

5. Masukkan Ujung Senar di Kepala Gitar
Jika semua proses diatas sudah dilakukan, selanjutnya anda dapat memasukkan ujung senar yang lainnya ke bagian kepala gitar. Untuk memasukkanya adalah dengan cara mengarahkan senar ke dalam lubang selanjutnya arahkan kedepan sampai senar tersebut masuk ke dalam lubang yang ada. Tarik senar melalui sisi lubang yang satunya. Untuk proses penarikan ini sebaiknya dilakukan perlahan namun pasti, agar senar tersebut tidak putus.

6. Lilitkan Senar
Agar senar yang dipasang tidak lepas, anda harus melilitkan senar tersebut di bagian lubang tadi. Untuk bentuk liltan sendiri bebas, yang penting senar tersebut nantinya tidak mudah lepas saat digunakan.

Belajar Cara Stem Gitar Bagi Pemula


7. Lakukan Pemutaran Pada Stem Gitar
Pada tahap ini, putarlah stem gitar tersebut sampai senar berada pada kunci yang pas. Untuk proses ini juga berpengaruh dengan suara yang dihasilkan ketika senar tersebut dipetik.

Baca Juga:
Untuk memasang senar gitar ini untuk pemula memang sulit, namun jika anda prakttekkan secara langsung lama kelamaan pasti bisa. Untuk memasang senar gitar ini harus dalam keadaan santai, karena jika terburu - buru maka hasil pemasangan nantinya kurang maksimal dan bisa juga berakbita senar itu putus kembali.

Demikian informasi mengenai cara memasang senar gitar untuk pemula, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pemasangan senar gitar, cara mengganti senar gitar yang putus, senar gitar kualitas terbaik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel