Cara Membuat Layang - Layang dari Bambu dan Kertas

Cara Membuat Layang - Layang dari Bambu dan Kertas - Layang - layang menjadi salah satu permainan yang mengasikkan, Untuk membuat layang - layang ini banyak sekali caranya, bahan untuk membuatnya pun beraneka ragam ada yang terbuat dari bambu, kain dan lain sebagainya. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat layang - layang dari bambu dan kertas dengan mudah.

Untuk membuat layang - layang ini anda harus menyiapkan beberapa alat dan bahan, beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
- Bambu
- Pisau
- Tali Rafia
- Kertas
- Gunting
- Lem
- Alat Ukur Meteran

Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, anda dapat memulai proses pembuatan layang - layang. Untuk pembuatannya anda dapat mengikuti beberapa langkah - langkah berikut ini:

1. Menentukan Model Layang - Layang
Langkah pertama yang harus anda lakukan jika ingin membuat layang - layang dari bambu ini adalah dengan cara menentukan model yang akan dibuat. Untuk  memudahkan sebaiknya anda membuat konsep ini ke dalam sebuah kertas, lengkapi gambar konsep layang - layang tersebut beserta ukurannya agar nantinya memudahkan kita dalam hal pemotongan bahan.

2. Pengukuran Bahan
Setelah itu, anda dapat melakukan pengukuran pada bahan yang ingin di jadikan layang - layang. Untuk melakukan pengukuran ini anda dapat menggunakan alat ukur meteran, jangan lupa tandai pada area yang ingin dilakukan pemotongan dengan cara membuat garis pada bahan menggunakan pensil atau spidol. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam mengingat pada area yang ingin dilakukan pemotongan.

3. Pemotongan Bahan
Setelah dilakukan pengukuran, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan untuk membuat layang - layang ini adalah dengan melakukan pemotongan bahan tersebut. Untuk memotong bahan ini anda dapat menggunakan pisau atau alat lainnya.

4. Melakukan Pengasahan
Biasanya bambu yang sudah dipotong mempunya bentuk kotak dan bukan bulat, oleh karena itu anda dapat melakukan pengasahan. Dalam proses pengasahan ini dilakukan dengan teliti karena bagian ini berpengaruh penting terhadap hasil terbang layang - layang tersebut.

5. Perangkaian Bahan
Setelah semua bahan sudah siap semua, anda dapat merangkai masing - masing bahan tersebut menjadi bentuk layang - layang yang ingin dibuat. Dalam merangkai bahan ini anda adalah dengan cara mengikat menggunakan tali. Pastikan ketika proses ini menggunakan tali yang bagus serta teknik pengikatan yang benar, agar hasil yang didapatkan maksimal.

6. Proses Finishing
Langkah terakhir dalam membuat layang - layang ini adalah dengan memasang kertas untuk menutupi kerangka layang - layang tersebut. Pemasangan kertas ini pastinya sangat penting, karena tanpa ini tentunya layang - layang yang sudah kita buat tidak dapat terbang. Untuk memasang kertas ini anda dengan cara melakukan pengukuran terlebih dahulu, kemudian dengan melakukan pemotongan. Untuk merekatkan kertas dan bambu tersebut anda dapat menggunakan lem.

Baca Juga:
Untuk membuat layang - layang dari bambu dan kertas ini sebenarnya mudah sekali, yang perlu anda lakukan yaitu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang nantinya dibutuhkan. Pehitungan tebal dan tipisnya bambu, karena hal ini dapat berdampak pada kualitas terbang layang - layang tersebut.

Cara Membuat Layang - Layang dari Bambu dan Kertas
Cara Membuat Layang - Layang dari Bambu dan Kertas
Demikian informasi mengenai cara membuat layang - layang dari bambu dan kertas, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara pembuatan layang - layang dari kertas dengan mudah, tips pembuatan layang - layang, kreasi layang - layang dari bambu dan kertas.