Cara Mengecat Ulang Helm

Cara Mengecat Ulang Helm - Helm merupakan salah satu alat keamanan berkendara yang wajib, oleh karena itu helm yang berkualitas memang diperlukan. Namun saat ini helm bukan hana sebagai alat keamanan berkendara, namun dapat juga dijadikan gaya. Saat ini banyak sekali jenis dan helm yang beraneka ragam.

Salah satu membuat helm jauh lebih menarik adalah dengan cara mengecat ulang helm tersebut, nah kali ini kita kan membahas tentang cara mengecat ulang helm agar lebih menarik, sebelum memulai proses pengecatan siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:

Alat dan Bahan:
- Cat Semprot
- Kain Lap
- Tempat yang Nyaman
- Amplas

Jika semua alat dan bahn sudah siap, anda dapat memulai proses pengecatan helm. Adapun langkah - langkah dalam mengecat ulang helm adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Motif dan Warna Cat yang diinginkan
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menentukan motif dan warna cat yang diinginkan. Untuk mempermudah proses pengecatan nantinya anda dapat menggambrnya terlebih dahulu di kertas. Pastikan warna yang anda pilih merupakan warna yang disukai, jika anda ingin menggunakan cat lebih dari satu. Maka usahakan cat satu dengan yang lainnya warnanya serasi.

2. Bersihkan Helm
Sebelum dilakukan pengecatan, maka sebaiknya anda bersihkan terlebih dahulu helm tersebut. Adapun cara untuk membersihkan helm tersebut adalah dengan cara mencuci helm, karena dengan adanya noda atau kotoran yang menempel pada helm tersebut akan menggangu proses pengecatan nantinya.

3. Lepas Kaca dan Aksesoris Helm Lainnya
Selanjutnya anda dapat melepas kaca serta aksesoris helm lainnya. hal ini bertujuan agar tidak menggangu proses pengecatan, serta menghindari aksesoris atau kaca helm tersebut terkena oleh semprotan cat.

4. Amplas Cat yang Lama
Agar hasil pengecatan maksimal, anda dapat mengamplas cat lama yang sudah menempel pada helm tersebut. Adapun alat untuk mengamplas helm tersebut anda dapat menggnakan amplas pada umumnya. Gosoklah secara perlahan, sehingga cat yang ada perlahan - lahan akan hilang. Tujuan lain dari pengamplasan ini adalah agar permukaan helm tersebut rata.

5. Aplikasikan Cat Dasar
Agar hasil pengecatan maksimal, anda dapat mengaplikasikan cat dasaran pada helm tersebut sebelum warna yang asli diaplikasikan.

6. Memulai Proses Pengecatan dan Pembuatan Motif
Setela cat dasar sudah diaplikasikan, maka anda dapat mengaplikasin warna yang asli serta membuat motif sesuai yang diinginkan. Untuk pross ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati serta dengan penuh konsetrasi agar hasil pengecatan maksimal.

7. Keringkan Helm
Setelah dirasa pengecatan dan pembuatan motif selesai, maka anda dapat mengeringkan helm tersebut. Caranya adalah dengan menaruh helm yang sudah dilakukan pengecatan di bawah sinar matahari, dengan begitu cat tersebut kering dengan sempurna.

Baca Juga:

8. Pasang Kembali Kaca dan Aksesoris Lainnya
Setelah dirasa sudah kering, maka anda dapat memasang kembali kaca serta aksesoris helm lainnya. Pastikan dalam pemasangan ini benar serta kuat, agar ketika digunakan tidak mudah lepas.

Untuk mengecat helm ini sebenarnya mudah, namun apabila anda kurang menguasainya, maka anda dapat menyerahkan urusan pengecatan helm  ini kepada ahli yang sudah berpengalaman. Agar hasil yang didapatkan juga maksimal.

Demikian informasi mengenai cara mengecat ulang helm, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pengecatan helm, tutorial mengecat ulang helm, cara membuat motif di helm.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel