-->

Cara Termudah Untuk Memperbaiki Kartu Memori SD yang Rusak

Cara Termudah Untuk Memperbaiki Kartu Memori SD yang Rusak - Kartu Memori atau yng sering disebut dengan sd car merupakan salah satu alat media penyimpanan. Biasanya memori ini diaplikasikan di hp, camera dan lain sebagainya.  Nah sama halnya dengan alat lainnya, memori sd ini juga dapat mengalami kerusakan. Apa saja penyebab kerusakan tersebut?

Penyebab kerusakan pada kartu memori sd adalah sebagai berikut:


- Kualitas Kartu Memori SD yang Kurang Bagus
Penyebab yang pertama adalah kualitas dari kartu memori sd tersebut yang kurang bagus, oleh karena itu sebelum membeli konsultasikan dulu dengan orang yang sudah berpengalaman tentang merk apa yang bagus. Dengan begitu nantinya anda tidak salah pilih dalam melakuakn pembelian kartu memori sd ini.

- Umur Kartu SD Sudah Lama
Kartu memori sd yang sudah berumur tentunya memiliki kinerja yang menurun. Hal ini juga dapat menyebabkan kartu memori sd tersebut rusak. Maka dari itu jika penyebab memori rusak adalah kartu sd yang sudah berumur maka solusi yang harus dilakuakn adalah dengen menggantinya dengan yang baru.

- Cara Penggunaan yang Salah
Penyebab kerusakan selanjutnya adalah cara penggunaan kartu memori sd itu sendiri, pengguaan disini meliputi cara pemakaian, cara pemasangan dan lain sebagainya. Untuk cara penggunaan yang benar anda dapat berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman supaya tahu caranya.

Setelah mengetahui apa saja penyebab kerusakan pada kartu memori sd ini, maka selanjutnya adalah cara memperbaiki kartu memori sd yang rusak dengan mudah:

1. Bersihkan Kartu Memori dari Debu
Langkah awal yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki kartu memori sd yang rusak adalah dengan cara membersihkan memori tersebut dari debu atau kotoran lainnya. Adapun cara membersihkannya adalah sebagai berikut:
- Keluarkan Kartu Memori dari Hp atau Kamera
- Siapkan alat yang digunakan  untuk membersihkan yaitu berupa penghapus pensil
- Lakukan pembersihan dengan cara menggunakan penghapus pensil tersebut di area yang kuning - kuning.
- Jika dirasa sudah bersih, maka anda dapat memasang kembali kartu memori sd tersebut ke dalam hp atau kamera.
Jika masih belum bisa berarti ada penyebab lain kerusakan kartu memori sd tersebut.

2. Scan dengan Antivirus
Kebanyakan memoris tidak terbaca atau data hilang adalah disebabkan oleh virus yang terdapat di dalam kartu memori tersebut, oleh karena itu untuk membersihkannya cukup scan kartu memori tersebut dengan anti virus yang handal. 

Baca Juga:

3. Melakukan Format Memori
Cara ini adalah cara yang menjadi opsi paling akhir dalam memperbaiki kartu memori. Namun sebelum anda melakukannya pastikan data yang terdapat di dalam kartu memori sd tersebut sudah di backup karena dengan melakukan format nantinya dapat yang terdapat di dalam kartu memori sd tersebut akan hilang semua.

Cara Termudah Untuk Memperbaiki Kartu Memori SD yang Rusak
Cara Termudah Untuk Memperbaiki Kartu Memori SD yang Rusak


Masih banyak lagi cara untuk memperbaiki kartu memori sd yang rusak, tentunya teknik perbaikan ini harus disesuaikan dengan tingkat kerusakan yang ada. Namun jika dengan menggunakan cara apapaun tetap saja tidak bisa diperbaiki, itu tandanya kartu memori tersebut harus diganti dengan yang baru. Demikian informasi mengenai cara termudah untuk memperbaiki kartu memori sd yang rusak, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips memperbaiki kartu memoris sd, solusi format kartu memori sd yang rusak, cara menggunakan kartu memori sd agar tidak mudah rusak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel