Cara Membersihkan Glodok di Kandang Burung Lovebird

Cara Membersihkan Glodok di Kandang Burung Lovebird - Burung lovebird merupakan salah satu jenis burung yang banayk dipelihara dan banyak sekali penngemarnya. Burung lovebird ini selain kicauannya yang menarik, warna dari burung ini juga sangat bagus sekali. Biasanya burung lovebird ini dipelihara di kandang besi, sedangkan untuk wadah yang digunakan untuk bertteleur biasanya sering disebut dengan glodok.

Settingan Kandang Burung Lovebird Supaya Gacor


Jika anda ingin beternak burung lovebird ini, maka siapkanlah kandang dan glodok tersebut, karena di glodok inilah biasanya burung akan mengengkrami telurnya. Oleh karena itu agar lovebird tetap nyaman saat di dalam kandang, maka anda juga harus menjaga kebersihan kandang. Karena dengan kondisi kandang yang kotor juga dapat berdampak burung bagi lovebird yang anda pelihara.

Kali ini kita akan membahas tentang cara membersihkan glodok di kandang burung lovebird. Sebelum memulai proses pembersihan ini, ada beberapa alat dan bahan yang harus anda persiapkan untuk membersihkan glodok tersebut. Antara lain sebagai berikut:
- Kayu
- Sikat Baju
- Kain

Jika semua alat dan bahan diatas sudah siap, maka selanjutnya anda dapat memulai proses pembersihan glodok lovebird ini, adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Bawa Kandang di Tempat yang Nyaman
Jika kandang burung lovebird anda memiliki ukuran yang kecil, maka bawalah kandang tersebut di tempat yang nyaman serta mempunyai penerangan yang cukup. Sehingga memudahkan kita dalam melihat di bagian mana saja kotoran tersebut berada.

2. Pindahkan Burung ke Kandang Lain
Agar aman dan tidak membuat burung lovebird stres, maka sebaiknya pindahkan burung tersebut di kandang yang lain terlebih dahulu. Namun untuk proses pemindahan ini harus dilakukan secara hati - hati, pastikan dalam memegangnya jangan sampai membuat burung tersebut merasa terganggu.

3. Keluarkan Perlengkapan Kandang
Selanjutnya keluarkan perlengkapan yang terdapat di dalam kandang, biasanya berupa tempat makanan, minuman, tangkringan dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam membersihkan glodok tersebut secara keseluruhan tanpa adanya gangguan.

4. Keluarkan Glodok dari Kandang
Sama halnya dengan perlengkapan kandang, anda juga harus mengeluarkan glodok tersebut dari dalam kandang. Hal ini nantinya mempermudah kita dalam proses pembersihan glodok dan kandang itu sendiri.

5. Proses Pembersihan
Jika glodok sudah diluar, tiba saatnya proses pembersihan, Untuk proses pembersihan ini anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:
- Bersihkan kotoran yang menempel dengan menggunakan kayu
Untuk membersihkan kotoran yang menempel di glodok caranya adalah dengan mengagruknya dengan menggunakan kayu atau besi. Pastikan kotoran yang menempel tersebut dapat hilang.

- Gunakan Sikat Untuk Membersihkan Debu atau Kotoran yan Membandel
Jika kayu itu tadi berfungsi untuk membersihkan kotoran yang besar, maka sikat ini nantinya diguankan untuk membersihkan kotoran atau debu yang membandel. Untuk proses ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati, agar tidak membuat glodok menjadi rusak.

- Gunakan Lap Untuk Membesihkan Sisa - Sisa Proses Pembersihan
Agar sisa - sisa pembersihan terssebut hilang, maka anda dapat melakukan pengelapan. Adapun alat yang dapat digunakan untuk mengelap ini dapat menggunakan kain.

Baca Juga:

6. Masukkan Kembali Glodok ke dalam Kandang
Jika dirasa glodok sudah bersih, maka selanjutnya anda dapat memasukkan kembali glodok tersebut ke dalam kandang, tidak lupa semua perlengakapan kandang juga dimasukkan.

Untuk proses pembersihan glodok kandang lovebird ini bisa anda lakukan minimal 1 minggu sekali, agar kebersihan kandang tetap terjaga serta burung lovebird anda bebas dari gangguan penyakit. Demikian informasi mengenai cara membersihkan glodok di kandang burung lovebird, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara merawat lovebird, tips membersihkan kandang burung, cara agar burung lovebird gacor.