Cara Membuat Talang dari Pipa Paralon

Cara Membuat Talang dari Pipa Paralon - Talang air merupakan salah satu media yang digunakan untuk mengalirkan air dari atap rumah ke saluran air. Banyak sekali bahan untuk membuat talang air ini, seperti seng,beton dan pipa paralon.Kalau sebelumnya sudah dibahas tentang cara membuat talang air dari seng dan beton, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat talang air dari pipa paralon.

Masing - masing bahan tentunya mempunyai fungsi yang berbeda, berikut ini beberapa keunggulan menggunakan pipa paralon untuk talang air:

- Mudah di Bentuk




- Hemat Biaya

Keunggulan selanjutnya adalah hemat biaya, biasanya biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan talang air dari pipa paralon ini lebh sedikit dibandingkan dengan beton.

- Menimbulkan Kesan Rapi
Dengan menggunakan pipa paralon ini, kesan rapi itu dapat dimunculkan karena bentuknya bisa diseduaikan dengan bentuk yang diinginkan.

Setelah mengetahui keunggulan dari talang air dari pipa paralon ini, maka selanjutnya anda dapat membuat talang air dari pipa paralon. Adapun langkah - langkah dalam membuat talang air dari pipa paralon ini adalah sebagai berikut:

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Langkah awal adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang nantinya dibutuhkan untuk pembuatan talang air dari pipa paralon. Berikut ini beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan:
-Pipa Paralong
- Sambungan Pipa Paralong
- Gergaji 
- Alat Ukur Meteran

2.Lakukan Pengukuran
Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pengukuran, dengan begitu nantinya kita dapat memulai proses pembuatan. Untuk melakukan pengukuran ini anda dapat menggunakan alat ukur meteran.

3.Lakukan Penandaan
Setelah melakukan pengukuran, maka selanjutnya hal yang perlu anda lakukan adalah dengan menandai area tersebut. Karena pada area ini lah nantinya yang memudahkan kita dalam membuat talang air nantinya.

4. Pemotongan Bahan
Setelah ukuran dan penandaan sudah dilakukan, maka anda dapat langsung memotong bahan tersebut, karena bahan yang ada tentunya tidak sesuai dengan project yang sedang dikerjakan.

Baca Juga:

5. Perangkaian
Apabila semua bahan sudah siap, maka anda dapat memulai perangkaian. Untuk merangkainya adalah dengan disesuaikan dengan media yang ada. Baik dari segi lekukan, aliran air dan lain sebagainya. Apabila anda ingin membelokkan pipa paralon, maka anda dapat menambahkan sambungan pipa l.

Itu merupakan beberapa tips untuk membuat talang air dari pipa paralon, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan talang air, manfaat pipa paralon, cara mudah memasang dan membengkokkan pipa paralon.