Solusi Mengatasi Cat yang Menggelembung dengan Cara Sederhana

Solusi Mengatasi Cat yang Menggelembung dengan Cara Sederhana - Jika cat pada dinding rumah anda menggelembung jangan khawatir, berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi cat yang menggelembungan dengan cara sederhana.

Teknik Perbaikan Cat yang Menggelembung


Namun sebelum kita membahas ke dalam cara perbaikan, terlebih dahulu mari kita bahas tentang apa saja yang menyebabkan cat menjadi menggelembung. Berikut ini beberapa penyebabnya:

- Dinding Masih Baru dan Masih Basah
Jika anda melakukan pengecatan ketika dinding baru jadi dibuat, maka hal ini akan membuat cat tersebut menjadi menggelembung. Karena permukaan dinding tersebut masih basah dan belum kering sepenuhnya.

- Cat Lama Lebih Bagus dari Cat yang Baru
Bagi anda yang melakukan pengecatan ulang, cat lama mempunyai kualitas lebih baik daripada cat yang baru, maka hal ini dapat menyebabkan cat tersebut menjadi menggelembung.

- Plamir Kurang Bagus Kualitasnya
Cat menggelembung ini juga dapat disebabkan oleh plamir yang kurang baik kualitasnya.

- Adanya Rembesan Air
Penyebab yang sering dialami oleh beberapa orang adalah adanya rembesan air pada cet tersebut, hal ini akan menyebabkan cat tersebut menjadi menggelembung. Adapun rembesan air ini bisa berupa dari atap yang bocor, atau rembesan dari luar rumah ketika musim hujan.

Setelah mengetahui penyebabnya, maka selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi cat yang menggelembung tersebut? Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda lakukan:

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Langkah pertama dengan menyiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memperbaiki cat menggelembung. Adapun beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut;
- Waterproofing Sealer
- Cat Dinding
- Kuas
- Kape

2. Pengerokan Cat yang Menggelembung
Selanjutnya anda dapat melakukan pengerokan pada cat yang menggelembung tersebut, untuk proses ini anda dapat menggunakan kape atau alat lainnya.

3. Memperbaiki Permukaan Dinding
Apabila terdapat bagian permukaan dinding yang kurang baik, anda dapat memperbaikinya terlebih dahulu. Karena apabila hal ini tidak dilakukan, maka ini juga dapat menyebabkan cat tersebut menggelembung kembali.

4. Aplikasikan Waterproofing Sealer
Untuk mencegah rembesan, maka anda dapat mengaplikasikan waterproofing sealer 2 lapis secara bersilangan.

Baca Juga:

5. Lakukan Pengecatan Ulang
Jika semua langkah diatas sudah dilakukan dengan baik, maka selanjutnya anda dapat melakukan pengecatan ulang. Untuk proses ini caranya adalah dengan seperti pengecatan pada umumnya,  pastikan cat yang anda gunakan mempunyai kualitas terbaik.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi cat yang menggelembung, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips perbaikan cat dinding, solusi merawat cat dinding, perbaikan cat menggelembung.