Kumpulan Cara Mengatasi Mesin Jahit yang Rusak [Lengkap]

Kumpulan Cara Mengatasi Mesin Jahit yang Rusak [Lengkap] - Mesin jahit sama halnya dengan jenis mesin lainnya yaitu dapat mengalami kerusakan. Beberapa jenis kerusakan pada mesin jahit adalah mesin yang berisik saat digunakan, jahitan sering putus, benang kendur, berjalan kurang lancar dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika anda mengalami hal tersebut, maka anda dapat memperbaikinya sendiri. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi mesin jahit yang rusak dengan mudah. Berikut ini beberapa langkah perbaikian berdasarkan jenis kerusakan pada mesin jahit tersebut:

1. Jahitan Selalu Kendur
Ketika anda sedang menjahit, namun jahitan yang dihasilkan benangnya kendur. Maka ini merupakan salah satu gejala terjadinya kerusakan pada mesin jahit anda. Untuk itu anda perlu melakukan perbaikan dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:
- Perhatikan keseimbangan benang jahitan bawah
- Kendurkan tegangan dengan memerhatikan hal diatas
- Pastikan tegangan antara benang atas dan bawah sesuai
- Sesuiakan juga antara kain, jarum serta mesin jahit.

2. Mesin Berisik Saat digunakan
Terkadang ketika kita menggunakan mesin jahit ini tiba - tiba timbul bunyi yang berisik. Namun hal ini bukanlah masalah yang besar, Bunyi ini timbul disebabkan oleh kurangnya pelumas pada mesin jahit tersebut. Untuk mengatasinya cukup mudah yaitu tinggal memberikan pelumas yang mempunyai kualitas baik serta melakukan pengecekan secara rutin, apakah pelumasnya masih atau tidak. Dengan begitu bunyi berisik tersebut tidak akan timbul kembali.

3. Jahitan Sering Putus
Bagi anda yang berprofesi sebagai penjahit dan dikerjar oleh dealine naun ternyata ketika proses penjahitan ditengah - tengah jahitannya sering pusus pastikan akan membuat anda kesal . Maka dari itu segeralah lakukan perbaikan jika hal ini terjadi. Beberapa penyebabnya dikarena oleh teknik penjahitan yang salah arah, pemasangan jarum yang tidak pas, jarum sudah tumpul dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika anda mengalaminya, segera lakukan perbaikan dengan cara mengikuti beberapa langkah berikut ini:
- Pilihlah jarum yang mempunyai kualitas baik
- Pasanglah jarum dengan baik dan benar
- Pastikan teknik yang digunakan dalam proses penjahitan ini benar
- Kurangi ketegangan antara benang atas dan bawah

4. Mesin Jahit Berjalan Kurang Lancar
Mesin jahit yang berjalan kurang lancar ini disebabkan oleh menggumpalnya serat kain yang terkumpul jadi satu di sekitar gigi penyuap. Hal ini akan menghambat kinerja dari mesin jahit tersebut. Untuk mengatasinya anda dapat membersihkan bagian gigi penyuap tersebut dengan cara mengambil serat - serat kain yang menempel dengan menggunakan bantuan alat kayu atau lainnya. 

Setelah itu berikan pelumas, hal ini bertujuan agar mesin jahit dapat berfungsi secara normal kembali setelah dibersihkan.

Baca Juga:

5. Benang Jahitan Kendur
Benang jahitan yang kendur ini juga membuat kita capek, karena dengan benang jahitan kendur maka hasil jahitan tersebut juga tidak kuat sehingga nantinya baju jahitian akan mudah rusak. Jika anda mengalaminya segera lakukan perbaikan dengan cara mengendorkan tegangan yang ada serta selalu perhatikan keseimbangan benang jahitan bawah dan bagian atas.

Kumpulan Cara Mengatasi Mesin Jahit yang Rusak [Lengkap]
Kumpulan Cara Mengatasi Mesin Jahit yang Rusak [Lengkap]


Permalasahan mesin jahit masih bamyak lagi yang lainnya, sesuaikanlah teknik perbaikan dengan tingkat kerusakakannya. Demikian informasi mengenai kumpulan cara mengatasi mesin jahit yang rusak diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips perbaikan mesin jahit yang rusak, beberapa solusi memperbaiki mesin jahit yang rusak di rumah.