Cara Membuat Casing PC dari Kayu

Cara Membuat Casing PC dari Kayu - Casing merupakan salah satu alat yng digunakan untuk menaruh semua komponen komputer kita mulai dari hardisk, RAM, dan lain sebagainya. Dengan adanya casing inilah nantinya komputer dapat bekerja serta mudah dipindahkan.

Jika anda sedang mencari tutorial tentang cara pembuatan casing dari pc ini, anda dapat mencoba membuat casing pc dari kayu. Dengan menggunakan kayu, akan membuat kesan klasik serta nantinya mempunyai nilai seni.

Namun sebelum masuk ke dalam proses pembuatan, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang nantinya dibutuhkan antara lain:

- Kayu
- Gergaji
- Paku
- Lem Kayu
- Palu
- Alat Ukur Meteran
- Mesin Bor
- dll

Jika semua alat dan bahan diatas sudah siap, anda dapat memulai proses pembuatan casing dari kayu ini dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Tentukan Konsep
Langah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menentukan konsep, hal ini penting karena tanpa adanya konsep nantinya kita tidak akan pedoman ingin seperti apa casing dibuat nantinya. Pastikan dalam pembuatan konsep ini juga memerhatikan kenyamanan serta nantinya tidak menggangu kinerja dari PC itu sendiri. Untuk memperudah dalam pembuatan konsep ini anda dapat menggambarnya dengan sebuah kertas atau media lainnya.

2. Pengukuran
Setelah konsep selesai dibuat, maka selanjutnya anda dapat melakukan pengukuran. Untuk melakukan pengukuran ini anda dapat menggunakan alat ukur meteran, ukuran ini penting karena tanpa dilakukan pengukuran terlebih dahulu, maka nantinya hasil pembuatan casing pc dari kayu ini sangatlah tidak rapi.

3. Pemotongan
Setelah selesai dilakukan pengukuran, maka selanjutnya adalah dengan melakukan pemotongan di kayu yang akan dijadikan casing pc tersebut. Untuk alat yang dapat anda gunakan untuk memotong ini bisa dengan gergaji.

4. Pembuatan Lubang
Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan casing pc adalah lubang. Karena dengan sirkulasi udara yang baik akan membuat kinerja pc tersebut optimal. Oleh karena itu maka pastikan dalam pembuatan lubang ini diperhitungkan secara baik. Dalam pembuatan lubang ini juga nantiya digunakan untuk memasang port seperti USB dan lain sebagainya. Adapun alat yang dapat anda gunakan untuk membuat lubang ini bisa berupa mesin bor.

5. Perangkaian
Setelah semua bagian casing pc sudah siap, maka selanjutnya anda dapat melakukan perangkaian. Untuk merangkai masing - masing bagian kayu agar menjadi casing pc anda dapat menggunkanpaku dan lem kayu. Satukan masing - masing bagian sesuai dengan konsep yang diinginkan, pastikan antar bagian menempel sangat erat.

6. Pemasangan Komponen PC
Setelah casing pc kayu terbentuk, selanjutnya adalah dengan memasang seluruh komponen dari pc tersebut mulai dari power supply ram, hardisk dan lain sebagainya. Pastikan masing - masing komponen dapat terpasang dengan baik, agar dapat berfungsi secara normal.

Baca Juga:

7. Proses Finishing
Setelah semua proses diatas sudah dilakukan, maka proses terakhir adalah finishing. Pada tahap ini anda dapat membrikan plitur agar kesan klasik itu lebih didapatkan. Serta cek semua bagian, pastikan semuanya dalam keadaan baik.

Nah itu merupakan beberapa langkah membuat casing pc dari kayu, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan casing pc yang unik dari kayu.