Cara Membuat Jam Dinding dari Bahan Kardus Bekas

Cara Membuat Jam Dinding dari Bahan Kardus Bekas - Salah satu kreasi dari bahan kardus bekas yang dapat dicoba adalah jam dinding. Dengan memanfaatkan kardus bekas ini anda dapat membuat jam dinding yang dapat dipasang di rumah. Nah kali ini kita akan memberikan beberapa tutorial tentang cara membuat jam dinding dari kardus bekas dengan mudah sekali.

Untuk proses pembuatan jam dinding ini ada beberapa tahapan antara lain persiapan alat dan bahan, pembuatan konsep, pemotongan, penulisan angka, dan pemasangan mesin jam. Berikut ini adalah penjelasan masing - masing prosesnya.

1. Persiapan Alat dan Bahan
Langkah pertama adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan yang nantinya dibutuhkan dalam proses pembuatan jam dinding dari kardus ini antara lain: 
- Kardus Bekas
- Pensil
- Gunting
- Mesin Jam

2. Pembuatan Konsep
Langkah selanjutnya adalah pembuatan konsep, Pada tahap ini kita harus menentukan model jam yang diinginkan. Contohnya model jamnya bulat, kotak atau yang lainnya. Dengan adanya konsep ini proses pembuatan jam dinding dapat berlangsung dengan cepat, karena kita sudah tahu bayangan jam dinding jadinya seperti apa.

3. Buatlah Pola Gambar di Kardus
Kemudian buatlah gambar bentuk jam yang diinginkan diatas kardus menggunakan pensil. Pastikan dalam pembuatan pola ini rapi, karena nantinya disinilah yang akan dibentuk menjadi jam dinding.

4. Lakukan Pemotongan Kardus
Setelah pola sudah jadi, anda tinggal melakukan pemotongan kardus tersebut mengikuti pola yang ada. Untuk alat yang dapat anda gunakan untuk melakukan pemotongan ini bisa berupa gunting.

5. Pemasangan Mesin Jam
Agar dapat berfungsi, maka anda harus memasang mesin jam dinding tersebut. Untuk pemasangan mesin jam ini bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

- Lubangi Bagian Tengah Jam
 Buatlah lubang di bagian tengah pola jam tangan tersebut, tujuannya adalah untuk memasukkan mesin agar dapat dipasangi jarum jam.

- Pasang Jarum Jam
Selanjutnya anda tinggal memasang jarum jam, untuk pemasangan jarum jam ini seperti biasanya.

6. Pembuatan Angka
Agar kita tahu jarum jam tersebut menunjukkan pukul berapa, maka kita harus membuat angka di kardus tersebut. Cararnya adalah dengan melakukan penulisan menggunakan bolpen atau spidol angka 1 sampai 12. Pastikan jarak antara posisi angkanya pas, agar jarum jam dapat mengarah ke anka yang tepat.

Baca Juga:

7. Jam Dinding dari Kardus Siap diPasang
Jika semua tahapan diatas sudah dilakukan, langkah terakhir anda tinggal memasang jam dinding itu di tempat yang diinginkan.

Cara Membuat Jam Dinding dari Bahan Kardus Bekas
Cara Membuat Jam Dinding dari Bahan Kardus Bekas


Kardus bekas apabila diolah dapat menghasilkan kreasi yang bernilai seni, selain itu dapat mengisi waktu peluang kita serta dapat menambah kreativitas. Demikian informasi mengenai cara membuat jam dinding dari bahan kardus bekas, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan jam dinding dari kardus, bolpen, gunting dan mesin jam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel