-->

Cara sukses budidaya udang di kolam terpal

Cara sukses budidaya udang di kolam terpal - Udang merupakan salah satu makanan favorit di indonesia. Banyak jenis makanan terbuat dari udang, antara lain: krupuk, abon dll. Seperi yang kita ketahui masyarakat sering mengkonsumsi udang tambak dan obster. salah satu jeis udang yang satu ini perlu manjadi pilihan, yaitu udang vaname. Udang vaname mempunyai kualitas bagus dibanding udang lainnya. 

Cara sukses budidaya udang vaname di kolam terpal


Jika anda ingin memulai bisnis budidaya udang maka pilihan tepat adalah budidaya udang di kolam terpal. karena kolam terpal banyka memiliki banyka keunggulan serta hasil yang di dapatkan juga akan lebh maksimal.

Udang jenis ini mempunyai sifat lebh aktif dibanding udang jenis lainnya, sehingga udang ini tahan terhadapat penyakit. Pembudidayaan udang di kolam terpal ini dimaksudkan agar terhindar dari longsor, atau tanah masuk ke dalam kolam.

Beberapa Keuntungan Menggunakan Terpal Sebagai Tempat Budidaya Udang


1. Lebih Hemat
Penggunaan terpal sebagai media budidaya udang memanglah sangat hemat, karena kita dapat mudah untuk membeli terpal tersebut di toko terdekat. Dengan menggunakan terpal ini proses pembuatan kolam juga lebih cepat dibandingkan dengan kolam tanah yang memakan waktu berhari - hari.

2. Udang Lebih Mudah Bertahan Hidup
Dengan menggunakan terpal, maka tingkat hidup udang akan lebih tinggi dibandingkan menggunakan kolam tanah yang bisa saja terkena racun yang dapat mempengaruhi kehidupan udang itu sendiri.

3. Udang yang dihasilkan Berkualitas
Karena terhindar dari racun, maka kualitas udang yang dihasilkan juga lebih bagus.


Alat dan Bahan Untuk Membuat Kolam Terpal

Untuk memulai usaha budidaya udang di kolam terpal maka anda harus menyiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan antara lain:
- Terpal Bulat D 5 Meter
- Aerator
- Pengukur Suhu
- Pengukur PH

Cara sukses budidaya udang di kolam terpal


- Pemilihan lokasi

Lokasi sangat penting , karena lokasi yang strategis dan nyaman, akan membuat kita semangat dalam pembudidayaan udang ini. maka dari it sebainya anda memilih lokasi yang teduh sehingga panda terik matahari tidak langsung masuk ke dslam kolam, serta tidak menjadikan air kolam jadi panas.

- Pembuatan kolam

Sesuaian ukuran kolam dengna jumlah udang yang ada di dalamnya, jangan sampai kebnykan udang karena akan menggangu pertumbuhan udang. Siapkan terpal. kayu untuk membuat tiangnya. 

- Kincir Air

Kincir air ini berfungsi sebaga pengontrol kotoran serta mensuplya oksigen. dengan bergitu udang akan berkembang baik dan akan tetapt sehat.

- Pengisian air kolam

Dalam pengisian kolam anda perlu hait- hati , jangan isi kolam dengan air PDAM. isilah kolam dengan air sumur, karena air PDAM mengandung kapurit. sehingga akan menggangu udang kita.

Cara sukses budidaya udang vaname

- Memasukkan bibit udang

Setelah persiapan kolam telah selesai, selanjutnya adalah memasukkan bibit kedalam kolam. Utuk bibit, masukan 100 ekor setiap meter persegi sehingga udng mudah berkembang.

- Pemberian makan

Sebaiknya anda memberikan secara teratur, sesuaikan jenis makanan berdasarkan usia udang.

 Demikianlah cara sukses budidaya udang di klam terpal, semoga dengan adanya informasi budidaya udang ini dapat bermanaaft bagi anda yang ingin usaha udang vaname.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel