-->

Cara Membuat Kandang Kambing Murah

Cara Membuat Kandang Kambing Murah - Salah satu berwirausaha yang banyak dilakukan adalah dengan cara berternak, banyak jenis hewan yang anda bisa ternak salah satunya adalah kambing, Karena kambing merupakan salah satu hewan yang popule diindonesia, selain dagingnya yang enak cara perawatan kambing juga mudah, tak jarang saat ini banyak orang yang memelihara untuk tujuan bisnis. Namun sebelum beternak ada beberapa hal yang harus anda persiapkan salah satunya adalah menyiapkan kandang kambing, karena dengan memiliki kandang yang nyaman tentunya dapat membuat kambing yang anda pelihara akan tumbuh dengan sehat. 

Dalam pembuatan kandang kambing sebaiknya and tentukan terlebih dahulu model kandang yang ingin anda buat, apakah berupa kandang bawah ataupun kandang atas, setelah itu lanjut ke persiapan bahan dan pembuatan kandang. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat kandang kambing yang murah. Kandang jenis ini cocok untuk ditempatkan di belakang rumah ataupun di pekarangan yang tidak ditempati.


Cara Membuat Kandang Kambing Murah
Cara Membuat Kandang Kambing Murah
Model kambing ini memiliki jenis kandang panggung, kandang jenis ini sangat cocok di tempatkan di area rumah anda. sebelum membuat kandang kambing tersebut anda harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang nantinya akan dipakai untuk membuat kandang kambing, antara lain:
- Kayu
- Seng Bekas Talang Air
- Gergaji
- Palu
- Paku
- Alat Ukur
- dll

Baca Juga:  Gambar Kandang AyamBangkok di Pekarangan Rumah

Setelah semua siap lanjut ke proses pembuatan kandang kambing. Kandang kambing ini nantinya berukuran panjang 6 meter, lebar 2 meter, tinggi 2, 5 meter sedangkan kapasitas jumlh kambingnya hanya 4 ekor saja, cocok bagi anda peternak kambing rumahan. 
Desain Kandang Kambing Rumahan
Desain Kandang Kambing Rumahan

1. Potong kayu berukuran tinggi 2, 5  meter, potongan ini nantinya akan digunakan untuk membuat tiang penyangga , pastikan pemilihan kayu untuk tiang ini menggunakan kayu yang berkualits baik.
2.  Anda bisa menyatukan satu sama lain dengan cara melubangi kayu tersebut kemudian memberikan paku supaya kuat.
3. Setelah semua tiap sudah berdiri dan kuat selanjutnya adalah memasang atap, dalam memasang atap ini sebaiknya dilakukan secara hati- hati. Potong Seng bekas talang air sesuai dengan ukuran atap kandang yang ingin anda buat. Cara memotongnya bisa menggunakan gunting, dalam memotongnya anda harus berhati - hati karena seng tersebut sangat tajam.
4. Pasang atap tersebut, pastikan tidak ada lubang, karena nantinya kandang ini diletakkan di luar rumah jadi atap merupakan hl yang paling penting anda perhatikan supaya nantinya ketika hujan air tidak dapat masuk ke dalam kandang kambing.
5. Bagian Samping kandang kambing ini menggunakan kayu yang diatur sedemikian rupa jaraknya agar udara dari luar dapat masuk ke dalam kandang, untuk kayu yang dipakai di bagian samping ini anda bisa gunakan kayu yang bediameter 10 x 10 cm.
6. Khusus untuk bagian depan, berikan lubang berbentuk kotak persegi panjang, karena kandang model ini pakan kambing diletakkan di luar kandang supaya kita lebih mudah untuk memberi atau membersihkan sisa pakan kambing yang masih ada. 
7. Berikan 2 pintu di sebelah kanan dan kiri agar kita lebih mudah untuk mengeluar dan memasukkan kambing dengan mudah.
8. Berikan tangga di setiap pintunya agar kambing mudah untuk masuk ke dalam kandang.
10. Untuk tahap finishing anda bisa menambahkan cat supaya kandang kambing yang anda buat lebih menarik.

Untuk pembuatan kandang kambing rumahan anda tidak usah rept - repot membeli bahan yang baru, sebaiknya manfaatkan bahan - bahan bekas seperti kayu bekas, seng talang air bekas serta masih banyak barang bekas lainnya yang bisa anda manfatkan. Kandang yang baik tentunya dapat memberikan kenyaman bagi kambing yang kita pelihara, sesuaikan ukuran kandang dengan jumlah kambing yang ingin anda pelihara.
 Demikian informasi mengenai cara membuat kandang kambing murah, diharapkan dengan adanya informasi ini anda dapat dengan  mudah membuat kandang kambing sendiri dengan mudah, model kandang kambing panggung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel