-->

Cara Merawat Rice Cooker Biar Awet

Cara Merawat Rice Cooker Biar Awet - Rice Cooker merupakan salah satu alat elektronik yang sangat memabantu sekali dalam hal masak - memasak. Anda bisa memasak nasi serta yang lainnya dengan rice cooker ini. Merek dan jenis rice cooker saat ini bermacam - macam, masing - masing merek dan jenis tentunya mempunyai harga yang berbeda - beda pula. Jika anda sudah membeli rice cooker ini yang harus anda lakukan adalah merawat rice cooker tersebut agar dapat berfungsi secara optimal serta awet.

Kali ini kita akan membahas tentang cara merawat rice cooker biar awet, bagi anda yang sudah memiliki rice cooker dirumah, namun tidak tahu cara perawatannya agar rice cooker tersebut awet, berikut ini beberapa cara perawatan rice cooker yang mudah dan bisa anda coba sendiri dengan mudah.

Berikut ini Tips Merawat Rice Cooker Agar Awet


1. Cabut Stop kontak
Sebaiknya jika rice cooker tidak diguanakan, cabut stop kontak tersebut. Dengan mencabut stop selain membuat rice cooker anda awet juga dapat menghemat sedikit pengeluaran listrik rumah anda.

2. Sesuaikan Kapasitas
Semua rice cooker pastinya memiliki kapasitas masing - masing, sebaiknya dalam penggunaan rice cooker sesuaikan kapasitas tersebut sesuai dengan kapasitas aslinya, anda bisa mengetahui kapasitas rice cooker yang anda miliki dengan cara membaca buku pedoman penggunaan yang terdapat dalam kardus saat pembelian rice cooker baru tersebut atau anda bisa juga konsultasi kepada penjual rice cooker tersebut mengenai hal itu.

3. Lakukan Pencucian Panci Rice Cooker
Cara perawatan rice cooker biar awet selanjutnya adalah dengan cara menjaga kebersihan panci rice cooker itu sendiri, cara membersihkan panci rice cooker tersebut dengan cara melakukan pencucian. Berikut ini langkah - langkah pencucian panci rice cooker:
- Siapkan wadah untuk melakukan  pencucian
- Siapkan air hangat
- Masukkan Air hangat ke wadah yang sudah disiapkan tadi, sesuaikan volume air dengan tinggi panci
- Jika air sudah siap, selanjutnya masukkan panci rice cooker tersebut ke dalam wadah
- Diamkan sejenak, sampai bekas nasi tersebut melunak.
- Gunakan Spons untuk menggosoknya, Dalam menggosok ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati
- Jika dirasa sudah bersih, keringkan panci tersebut dengan cara mendiamkannya atau dengan cara mengelap panci tersebut dengan lap yang kering

4. Pengecekan Penampung Air
Penampung air yang terdapat rice cooker itu penting. Agar rice cooker anda dapat berfungsi optimal pastikan kondisi air selalu dalam keadaan bersih, jika volume air menurun lakukan pengisian pada penampung air tersebut.

Baca Juga: 




5. Merawat Bagian Luar Rice Cooker
Selain bagian dalam, bagian luar juga memerlukan perawatan, dalam perawatan bagian luar rice cooker ini sangat mudah anda perlu melakukan pengelapan dengan kain yang bersih untuk mencegah debu atau kotoran lainnya menmepl di body rice cooker. Karena rice cooker ini merupakan tempat untuk menyimpan makanan maka menjaga rice cooker agar higienis itu penting.

Cara Merawat Rice Cooker Biar Awet
Cara Merawat Rice Cooker Biar Awet

Dengan merawat rice cooker secara teratur, maka akan membuat rice cooker tersebut menjadi awet, untuk perawatan anda bisa melakukannya sendiri dirumah dengan mudah. Diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara merawat rice cooker biar awet, tips perawatan rice cooker, cara memperbaiki rice cooker, cara membersihkan rice cooker dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel