-->

Cara Mengamplas Kayu Paling Mudah

Cara Mengamplas Kayu Paling Mudah - Mengamplas merupakan salah satu teknik agar kayu atau perabotan anda menjadi halus, biasanya proses pengamplasan ini dilakukan sebelum kayu atau perabotan tersebut akan di cat maupun plitur, ukuran dan jenis amplas saat ini bermacam - macam, masing - masing jenis pastinya memiliki fungsi masing - masing, Jika anda ingin mencari informasi tentang cara mengamplas kayu paling mudah, berikut ini informasinya.

Dalam proses pengamplas ini ada 2 cara, yaitu dengan cara manual dan menggunakan mesin gerinda. Sebelum masuk ke langkah - langkah pengamplasan, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan, antara lain adalah sebagai berikut:

- Amplas
Jenis amplas banyak sekali, dibedakan berdasarkan tingkat kekasarannya, antara lain: 40,60,80,100 dan seterusnya, biasanya semakin besar gritnya maka semakin halus.
- Mesin Gerinda
Mesin ini mempunyai cara kerja dengan cara berputar, mesin ini dapat digunakan untuk besi, maupun mengamplas kayu.
- Kaos Tangan
Agar proses pengamplasan mudah dan berjalan aman, gunakanlah kaos tangan ini.

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, langkah selanjutnya adalah proses pengamplasan, berikut ini langkah - langkah dalam  mengamplas kayu:

1. Cara Mengamplas Kayu Secara Manual
- Siapkan Amplas yang digunakan
Pastikan ukuran amplas tersebut pas dengan jenis kayu serta hasil pengamplasan yang kita inginkan nantinya.

- Siapkan Kayu yang Akan diamplas
Persiapkan kayu yang akan diamplas, untuk mempermudah proses pengamplasan, angkat kayu tersebut.

 - Siapkan Lokasi Pengamplasan
 Untuk mempermudah dan mempercepat proses pengamplasan kayu ini sebaiknya dilakukan di tempat yang mempunyai penerangan yang baik, anda dapat melakukan proses pengamplasan ini di luar rumah misalnya.

- Cara Mengamplas
Untuk pengamplasan manual ini dilakukan tanpa menggunakan bantuan alat, hanya bermodalkan amplas saja. Buat gerakan memutar ataupun lurus secara horizontal, sesuaikan dengan media yang ada. Pastikan kayu tersebut menjadi halus. Ulangi beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Cara Mengamplas Kayu dengan Menggunakan Mesin Gerinda
Cara yang kedua, yaitu dengan menggunakan mesin  gerinda, dengan menggunakn mesin tersebut pastinya proses pengamplasan akan berlangsung cepat dan dengan hasil yang maksimal. Berikut ini langkah - langkah dalam mengamplas kayu dengan mesin gerinda:

- Siapkan Mesin Gerinda
Gunakanlah mesin gerinda yang dalam keadaan baik, agar memudahkan proses pengamplasan nantinya, atur tingkat kecepetan perputaran mesin tersebut.

- Siapkan Amplas
Pasang Amplas tersebut pada bagian bawah mesin gerinda, pastikan dalam pemasangan tersebut amplas dapat menempel dengan kuat, agar ketika proses pengamplasan amplas tersebut tidak lepas.

Baca Juga:


- Proses Pengamplasan
Lakukan pengamplasan dengan cara memutar maupun lurus, ulangi beberapa kali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Mengamplas Kayu Paling Mudah
Cara Mengamplas Kayu Paling Mudah
Untuk mengamplas kayu ini banyak sekali cara yang digunakan, diatas hanya beberapa saja yang dapat coba sendiri dirumah, untuk pengamplasan sebaiknya dilakukan secara hati - hati, agar tidak merusak tektur kayu tersebut. Demikian informasi mengenai cara mengamplas kayu paling mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pengamplasan kayu, cara mengamplas dengan mesin gerinda, cara membuat kayu menjadi halus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel