-->

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat - Pipa paralon merupakan salah satu bahan meterial bangunan yang banyak digunakan dirumah, biasanya pipa paralon ini digunakan untuk mengalirkan air dari sumur ke tandon air maupun keran air. Salah satu permasalahan yang kerap ditemui dalam pipa paralon ini adalah terjadinya pipa paralon tersumbat, lalu bagaimana cara mengatasinya? Kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi pipa paralon yang tersumbat.

Sebelum masuk ke langkah - langkah dalam mengatasi pipa paralon yang tersumbat, mari kita kenali terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan pipa paralon tersebut tersumbat:

  • Endapan Kotoran
Karen pipa paralon ini kebanyakn di lewati oleh air, biasanya air tersebut juga membawa berbagai kotoran, lama kelamaan pastinya pipa paralon tersebut tersumbat akibat terdapatnya kotoran yang mengendap pada pipa paralon.
  • Sampah
Fungsi pipa paralon ini banyak sekali, salah satunya adalah untuk membuat selokan, biasanya sampah tersebut mengendap sehingga menyebabkan saluran air kita akan tersumbat.

Diatas hanya beberapa contoh beberapa penyebab pipa paralon menjadi tersumbat, tentunya masih banyak lagi penyebabnya. Setelah kita mengetahui peyebab pipa partalon tersumbat, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi pipa paralon yang tersumbat tersebut? Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan:

 1. Persiapkan alat dan bahan
langah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan cara menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk mengtasi pipa tersebut, berikut ini beberapa alat dan bahannya:
- Kawat
Snaiknya gunakanlah kawat yang agak kuat jangan terlalu lentur, karena dengan kawat inilah kita akan membersihkan kotoran yang terdapat di dalam pipa.
- Tang
Alat ini digunakan untuk membengkokkan kawat nantinya.
- Senter
Untuk mempermudah dalam mengatasi pia yang tersumbat, gunakanlah senter ini, dengan begitu sesuatu yang taerdapat di dalam pipa akan terlihat.

2. Bengkokkan Kawat
Kawat yang membengkok akan memudahkan dalam mengeluarkan kotoran maupun sampah yang terdapat di dalam pipa, ketika sudah dimasukkan sampah tersebut tentunya akan menyangkut di kawat yang sudah kita bengkokkan sebelumnya. Sesuaikan bengkokan kawat dengan ukuran pipa yang ada, pastikan kawat tersebut dapat masuk dan mengambil sampah.

3.Arahkan Senter ke dalam Pipa Paralon
Untuk melihat sejauh mana kotoran ataupun sampah itu berada, arahkan senter ke dalam pipa.

4. Masukkan Kawat
Jika sudah dipastikan lokasi kotoran atau sampah itu berada, masukkan kawat tersebut ke dalam pipa, buat gerakan maju dan mundur. jika kotoran sudah tersangkut di kawat, keluarkan kawat tersebut.

Baca Juga:


5. Ulangi Beberapa Kali
Untuk membersihkan semua kotoran atau sampah yang terdapat di dalam pipa, ulangi langkah diatas beberapa kali, pastikan kotoran dan sampah tersebut hilang dan tidak menyumbat pipa.

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat
Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat
Jika pipa paralon anda tersumbat tentunya akan menggangu mengalirnya air, oleh karena itu jika pipa paralon di rumah anda tersumbat segera lakukan perbaikan. Demikain informasi mengenai cara mengatasi pipa paralon yang tersumbat, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang solusi mengatasi pipa paralon yang macet, cara membersihkan pipa saluran air.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel