-->

Cara Membuat Gantungan Kunci Bentuk Huruf dari Kain Flanel

Cara Membuat Gantungan Kunci Bentuk Huruf dari Kain Flanel - Kain flanel merupkan salah satu jenis kain yang terbuat dari serat wol tanpa adanya proses penenunan. Kain ini dibuat dengan cara melakukan pemanasan serta penguapan sehingga dapat menghasilkan kain dengan mempunyai tekstur yang beraneka ragam. Fungsi kain flanel ini banyak sekali, salah satunya adalah untuk membuat gantungan kunci. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat gantungan kunci dengan berbagai bentuk dari kain flanel.

Ciri - Ciri Kain Flanel


Sebelum masuk ke dalam proses pembuatan gantungan kunci, mari ketahui dulu ciri - ciri dari kain flanel. Berikut ini beberapa ciri - ciri dari kain flanel tersebut:
- Memiliki Bentuk yang Sangat Tebal
Kain flanel ini mempunyai bentuk sangat tebal, lebih tebal dari kain jenis lainnya.
- Mempunyai serat seperti kapas
Kain flanel ini mempunyai serat yang menyerupai kapas
- Kaku
Dibandingkan kain jenis lainnya, kain flanel ini mempunyai bentuk yang lebih kaku
- Pinggiran Kain tidak Mudah Rusak
Pinggiran kain flanel ini tidak mudah rusak

Keunggulan dari Kain Flanel


Setelah mengetahui ciri - ciri utama kain flanel, selanjutnya adalah kelebihan kain flanel tersebut, Berikut ini adalah beberapa keunggulan kain flanel:
- Dapat dibentuk sesuai keinginan
Kain flanel ini dapat dibentuk sesuai keinginan, tergantung kratifitas kita. Misalnya untuk membuat gantungan kunci, souvenir, akssoris pakaian dan masih banyak lagi yang lainnya.

- Tidak memerlukan jahit pada bagian pinggir
Berbeda dengan jenis kain lainnya yang memerlukan pengobrasan, kain flanel ini tidak memerlukannya. Karena bagian pinggir kain tersebut tidak mudah rusak sehingga proses penjahitan pinggiran tidak diperlukan lagi.

- Harga yang relatif terjangkau
Harga kain flanel ini relatif terjangkau, sehingga sangat cocok apabila anda ingin membuat kreasi dari kain flanel ini.

- Mudah didapatkan
Untuk mendapatkan kain flanel ini mudah sekali, anda dapat membelinya di toko kain terdekat.

Setelah mengetahui ciri - ciri serta kelebihan kain flanel, selanjutnya adalah bagaimana cara membuat gantungan kunci dari kain tersebut. Untuk membuatnya anda dapat mengikuti beberapa langkah - langkah dibawah ini:

1. Persiapkan Bahan
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan gantungan kunci ini. Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:
- Kain flanel
- Gunting
- Dacron
- Pensil
- Lem
- Ring Gantungan Kunci

2. Pembuatan Konsep
Langkah selanjutnya adalah dengan membuat konsep desain gantungan kunci yang akan dibuat, tentukan bentuk yang akan anda buat dengan cara menggambar diatas kain tersebut, untuk menggambarnya anda dapat menggunakan pensil. Buatlah gambar dari berbagai sisi, dalam menggambar antar sisi pastikan gambarnya sesuai serta mmpunyai ukuran yang sama, agar ketika proses perangkain nantinya akan pas.

3. Lakukan Pemotongan
Setelah proses pmbuatan konsep selesai, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemotongan.  Potonglah pada area yang sudah ditentukan sebelumnya. Untuk memotongnya anda dapat menggunakan gunting atau cutter.

4. Gabungkan Antar Bagian
Jika semua bagian sudah dilakukan pemotongan, anda dapat langsung merangkainya. Untuk proses penggabungan ini anda dapat membrikan lem agar atar bagian satu dengan lainnya dapat menempel sehingga dapat membentuk konsep yang sudah ditentukan.

Pembuatan Gantungan Kunci dari Kain Flanel


5. Isi Dacron
Jika gantungan kunci sudah terbtuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan, anda dapat mengisinya dengan dacron, sebelumnya anda harus menyisihkan sedikit celah agar dacron tersebut dapat masuk dengan mudah.

Baca Juga:
6. Pasang Ring Gantungan Kunci
Agar gantungan tersebut dapat digunakan, anda harus memasang ring. Pasanglah pada posisi yang sudah ditentukan, pastikan dalam pemasangannya dapat menempel dengan baik, agar ketika digunakan tidak mudah lepas. 

Banyak sekali kreasi dari kain flanel ini, jadi anda dapat melakukan inovasi dalam pembuatannya. Demikian informasi mengenai cara membuat gantungan kunci kain flanel, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips kerajinan kain flanel, keungguluan kain flanel, ciri kain flanel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel