-->

Cara Membuat Joran Pancing Sendiri

Cara Membuat Joran Pancing Sendiri -Memancing merupakan suatu kegiatan untuk mencari ikan, saat ini mancing bukan hanya sekedar mencari ikan, namun juga untuk hobi. Ketika anda ingin memulai pemancingan, maka anda juga harus menyiapkan alat dan bahan  yang dibutuhkan seperti joran pancing, kail dan umpan. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara membuat joran pancing sendiri.

Meskipun saat ini dipasaran banyak sekali joran pancing yang mempunyai kualitas terbaik, namun tidak ada salahnya jika anda dapat mencobanya membuat sendiri. Untuk membuat joran pancing ini membutuhkan beberapa alat dan bahan antara lain sebagai berikut:

- Ranting Bambu
- Pisau
- Alat Ukur Meteran
- Cat
- Kuas

Dalam pembuatan joran pancing ini terbuat dari ranting bambu, meskipun dari ranting bambu namun fungsinya juga menyerupai joran lainnya. Adapun langkah - langkah yang dapat anda lakukan dalam pembuatan joran pancing ini adalah sebagai berikut:

1. Carilah Ranting Bambu
Pertama - tama siapkan ranting bambu, untuk menemukannya anda dapat mencarinya pada pohon bambu secara langsung. Jika dirasa sudah menemukan yang pas maka anda dapat melakukan pemotongan. 

2. Lakukan Pemotongan
Seetelah ranting sudah didapatkan, lakukan pemotongan dengan menggunakan pisau atau alat potong lainnya. Pastikan dalam melakukan pemilihan ranting bambu ini yang mempunyai kualitas terbaik agar ketika pancing tersebut digunakan jorannya tidak mudah patah. 

3. Lakukan Pengamplasan
Agar permukaan ranting bambu halus, maka anda dapat membersihkan dauh maupun ranting kecil lainnya yang terdapat di dalam ranting bambu yang sudah dipilih tadi, hal ini dilakukan agar ketika digunakan tidak melukai tangan kita. 

4. Lakukan Pengecatan
Agar hasil dari joran pancing ini terlihar menarik, anda dapat mengaplikasikan cat pada joran bambu tersebut. Gunakanlah kuas dan cat untuk proses pengecatan ini, pastikan semua bagin dicat secara merata.

5. Diamkan Hingga Kering
Setelah dilakukan proses pengecatan, diamkan sejenak hingga joran  yang telah dicat tersebut kering. Sambil menungu kering anda dapat menyiapkan perlengkapan lainnya seperti mencari umpan maupun bahan lainnya.

6. Pasang Tali dan Kail
 Jika joran bambu yang sudah dibuat sudah kering, maka anda dapat langsung memasang tali dan kail tersebut pada ujung joran. Ukurlah tali sesuai dengan yang dibutuhkan.

Untuk membuat joran pancing sendiri ini sebenarnya mudah sekali, anda dapat memanfaatkan barang - barang yang mudah kita jumpai sehari - hari. Namun apabila anda menginginkan joran yang berkualitas baik anda dapat membelinya di toko terdekat, pembuatan joran bambu ini dapat anda jadikan alternatif.

Baca Juga:

Demikian infomasi mengenai cara membuat joran pancing sendiri, diharapkan dengan adanya infomasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan joran pancing.

Cara Membuat Joran Pancing Sendiri
Cara Membuat Joran Pancing Sendiri
Artikel Lainnya: cara membuat joran pancing dari bambu, tips membuat joran biaya murah, joran bambu terbaik, cara memasang tali dan kail di joran, cara memacing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel