-->

Cara Menyulam Taplak Meja Untuk Pemula

Cara Menyulam Taplak Meja Untuk Pemula - Menyulam merupkan salah satu proses untuk mengahasilkan sebuah karya dengan bantuan alat sulam. Yang dimaksud disini adalah menyulam taplak meja, dengan teknik ini nda dapat mnghasilkan taplak meja yang menarik serta beda degan yang lainnya, dengan melakukan penyulaman anda dapat bekreasi sperti menciptakan bentuk seprti nama, gambar maupun bentuk lainnya.

Cara Menyulam Untuk Pemula


Kali ini kita akan membahas tentang cara menyulam taplak meja untuk pemula, bagi anda yang baru dan belum tahu cara menyulam taplak mja, mari simak beberapa tips berikut ini. Untuk menyulam taplak meja ini mmbutuhkan beberapa alat dan bahan, antara lain sebagai berikut:

Alat dan Bahan:
- Pensil
- Alat Sulam Lengkap
- Gambar Sketsa
- Kertas Karbon
- Bidangan
- Jarum
- Benang
-  Kain Taplak Meja

Alat dan bahan diatas mudha kita umpai, anda dapat mendapatkan di toko - toko alat jahit terdekat, pilihlah alat dan bahan yng brkualitas baik, agar dalam penyulaman taplak meja ini dapat berlangsung dengan cepat dan dengan hasil yang maksimal.

Jika semua alat dan bahan diats sudah siap semua, anda dapat memulai proses penyulama taplak meja, adapaun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Penentuan Model Gambar yang diinginkan
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan gambar yang akan dibuat, untuk membuat gambar ini anda dapat menggunakan media kertas, gambar inilah nantinya untuk digunakan sebagai acuan utuk mmbuat pola pada taplak meja tersebut.

2. Buatlah Pola di Taplak Meja
Selanjutnya adalah dengan membuat pola sesuai dengan model gambar ynag sudah dibuat sebelumnya, utuk pembuatan pola ini gunakanlah pensil sebagai alatnya, karena dengan menggunakan pensil ini memudahkan kita untuk membersihkannya jika trdapat kesalah dalam proses penggambaran.

3. Pasang Kain Taplak Meja Pada Bidangan
Pasanglah kain taplak meja yang akan dilakukan pnyulaman pada alat bidangan yang sudah disiapkan sebelumnya, pastikan dalam pemasangannya dapat terpasang dengan baik dan benar.

4. Masukkan Benang di Jarum
Selanjutnya anda harus memasukkan benang yang akan digunakan dalam proses penyulaman ini di jarum.

5. Tentukan Titik Awal Penyulaman
Tentukan titik awal dimana anda akan memulai proses penyulaman ini, pastikan titik awal ini nantinya memudahkan prosesnya.

6. Lakukan Proses Penyulaman
Dalam proses penyulaman ini disesuaikan dengan model yang akan dibuat sebelumnya, misalnya ada beberapa bagian, maka anda dapat menyelesaikan satu bagian dahulu, kemudian baru melanjutkan pada bagian lainnya. Selain itu jika anda membrikan warna berbeda, anda uga harus mlakukan pnyulaman berdasarkan warna yang digunakan, agar proses penyulaman dapat berlangsung dengan cepat.

Cara Menyulam Taplak Meja dengan Benang Wool


Jika semua bagian sudah dilakukan penyulaman, maka anda perlu melakukan proses slanjutnya yaitu proses finishing.

Baca Juga:
7. Proses Finishing
Dalam tahap ini proses penyulaman akan berakhir, untuk tahap finishing anda dapat merapikan benang yang masih tersisa dengan cara melakukan proses pemotongan. Cek semua bagian, pastikan dapat terpasang dengan baik.

Proses penyulaman taplak meja ini selain dapat menghasilkan taplak mja yang unik serta cantik, juga dapat mengisi kgiatan di waktu luang. Demikian informasi mengenai cara menyulam taplak meja untuk pemula, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan taplak meja, cara menyulam taplak meja bagi pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel