-->

Cara Membuat Lis Profil dari Beton Paling Mudah

Cara Membuat Lis Profil dari Beton Paling Mudah - Sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana cara membuat lis profil di kayu, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat lis profil dari beton. Lis beton ini sendiri berfungsi untuk menciptakan keindahan pada suatu bangunan. Biasanya lis ini dibuat di daerah tembok, plafon, tiang dan masih banyak lagi yang lainnya, dengan membuat lis ini sangat cocok jika anda menginginkan desain rumah dengan nuansa yang klasik.

Sebelum masuk ke dalam proses pembuatan lis profil, ada beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain sebagai berikut:
- Semen
- Cetok
- Pasir
- Air
- Besi
- Cetakan Lis Profil
- Benang

Jika alat dan bahan diatas sudah siap, maka anda dapat memulai proses pembuatan lis profil, adapun langkah - langkah dalam membuat lis profil dari beton adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Model yang diinginkan
Pertama - tama anda harus menentukan model yang diinginkan, dalam menentukan model ini harus disesuaikan dengan tema rumah. Biasanya model ini sudah terbentuk dari cetakan, sehingga untuk memodifikasiknya anda dapat membuat cetakan secara manual.

2. Lakukan Pengukuran
Selanjutnya anda harus melakukan pengukuran, hal ini bertujuan untuk memperkirakan berapa jumlah bahan yang nantinya dihabiskan. Dalam proses ini anda juga dapat memasangkan benag yang fungsinya untuk memudahkan kita dalam pembuatan lis profil agar lurus.

3. Pembuatan Adukan
Jika semua tahapan diatas sudah dilakukan, maka selanjutnya anda dapat memulai proses pembuatan adukan. Dalam tahap ini semen, air dan pasir dicampur sehingga menjadi sebuah adukan yang nantinya digunakan untuk pembuatan lis profil. Untuk komposisinya haruslah pas antara semen, air dan semen.

4. Siapkan Cetakan
Taruhlah cetakan lis profil tersebut ke dalam bidang yang datar, hal ini berfungsi agar list profil yang dibuat nantinya dapat rata. 

5. Masukkan Adukan ke dalam Cetakan
Setelah itu,masukkanlah adukan tersebut ke dalam cetakan. Pastikan cetakan tersebut penuh dengan adukan tanpa adanya yang tertinggal. Karena hal ini nantinya berpengaruh dengan lis yang dihasilkan.

6. Diamkan Adukan Mengering
Setelah itu, diamkan sejenak hingga adukan yang terdapat di dalam adukan tersbeut mengering. Untuk proses ini bisa memakan waktu kurang lebih 30 - 60 menit. Namun jangan mengeringkannya di bawah sinar matahri secara langsung, karena hal terseut dapat membuat lis yang dihasilkan mengalami keretakan.

7. Keluarkan Lis dari Cetakan
Jika dirasa lis yang terdapat dalam cetakan sudah kering, maka anda dapat mengeluarkannya. Namun untuk mengeluarkan lis ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati. Jangan sampai lis tersebut rusak.

8. Jemur Lis Profil Hingga Kering Sempurna
Jika lis profil sudah berhasil dikeluarkan, maka selanjutnya hal yang perlu anda lakukan adalah dengan menjemurnya hingga kering sempurna.

Baca Juga:

9. Amplas Lis Profil Agar Halus
Jikaa dirasa sudah kering sempurna, maka anda dapat melakukan pengamplasan agare lis profil tersebut halus sehingga apabila nantinya dilakukan pengecatan, hasil pengecatannya juga bagus.

Nah itu dia cara membuat lis profil dari beton, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan lis plafon dari beton, cara membuat lis profil tiang, kumpulan desain lis profil terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel