-->

Cara Pemasangan Batu Koral di Halaman Rumah

Cara Pemasangan Batu Koral di Halaman Rumah -  Batu koral merupakan salah satu jenis batuan yang dapat dipasanag sebagai lantai, dengan menggunakan batuan ini anda juga dapat membentuk motf beraneka ragam. Seperti pola, tulisan dan lain sebagainya. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara memasang batu koral di halaman rumah.

Teknik Pemasangan Batu Koral di Depan Rumah


Sebelum masuk ke dalam proses pemasangan, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu seperti:
- Batu Koral 
- Semen
- Pasir
- Air
- Cetok
- Kayu

Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, maka anda dapat memulai proses pemasangan batu koral. Adapun langkah - langkah dalam memasang batu koral adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Area Pemasangan
Pertama anda harus menentukan di area mana saja yang akan dipasangi batu koral ini. Karena dengan ini nantinya kita dapat memperkirakan jumlah batu koral yang diperlukan. 

2. Tentukan Motif yang diinginkan
Langkah selanjutnya anda harus menentuka motif yang diinginkan, apakah ingin dibentuk pola, huruf dan lain sebagainya. Untuk pembuatan motif ini harus disesuaikan dengan kondisi sekitar. Untuk memudahkan anda dapat membuat motif tersebut ke dalam sebuah gambar, sehingga nantinya kita dapat menentukan motif seperti apa yang cocok untuk digunakan.

3. Buatlah Adukan
Untuk memasang batu koral ini membutuhkan adukan agar ketika batu koral dipasang tidak lepas. Adapun untuk membuat adukan ini adalah dengan cara mencampur semen, pasir dan air. Perhatikan komposisio ketiga bahan tersebut, pastikan semua bahan tercampur dengan baik.

4. Gambarlah Pola di Area Pemasangan
Hal ini berguna agar hasil pemasangan nantinya rapi. Anda dapat membuat pola dengan cara memberikan benang ataupun dapat memberikan pembatas kayu supaya pemasangan lurus sehingga membentu pola yang diinginkan.

5. Pasanglah Batu Kotal Satu Persatu
Sebelum batu koral diletakkan, maka anda harus menaruh adukan pada area tersebut. Untuk pemasangan batu koral ini sebaiknya dilakukan satu persatu agar hasilnya rapi. Namun untuk pemasangan ini harus dilakukan secara cepat, karena jika tidak adukan yang sudah ditaruh pada area pemasangan akan mengering.

6. Lakukan Penekanan
Agar batu koral dapat masuk lebih dalam, maka anda harus menekan batu tersebut. Cara untuk menekan batu ini adalah dengan menggunakan kayu. Pastikan dalam menekan batu ini bersamaan, agar kedalaman batu dapat sama dan rata.

7. Proses Finishing
Jika proses diatas sudah dilakukan, maka tiba saatnya proses finishing. Pada tahap ini merupakan tahap paling akhir dari pemasangna batu koral di halaman rumah. Jika terdapat sisa - sisa adukan yang terdapat pada area pemasangan maka bersihkanlah serta anda juga harus melakukan pengelapan pada batu yang terdapat adukannya.

Baca Juga:

Untuk memasang batu koral ini sebenarnya mudah sekali, tergantung motif dan pola apa yang diinginkan. Agar lebih menarik anda dapat memberikan variasi warna pada saat pemasangan batu tersebut.

Cara Memasang Batu Koral
Cara Memasang Batu Koral


Demikian informasi mengenai cara pemasangan batu koral di halaman  rumah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips memasang batu koral, cara pemasangan batu koral, keunggulan batu koral untuk lantai rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel