-->

Cara Mengatasi Kipas Pompa Air Akuarium yang Macet

Cara Mengatasi Kipas Pompa Air Akuarium yang Macet - Pompa air di dalam akuarium ini penting, karena dengan adanya alat ini sangat membantu sekali dalam menjaga kualitas air agar tetap jernih. Namun pompa air ini dapat mengatasi masalah salah satunya adalah kipas yang terdapat di dalam pompa air tersebut macet, hal ini akan mengakibatkan air tersebut tidak dapat dialirkan dari dalam akuarium ke luar ke filter air.

Akibatnya air yang terdapat di dalam akuarioum tersebut menjadi keruh, apabila anda mengalaminya. Maka hal yang pertama dilakukan adalah dengan memperbaikinya. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi kipas pompa air akuarium yang macet.

Sebelum masuk ke dalam proses perbaikan, mari kita ketahui dulu apa yang biasanya mengakibatkan kipas pompa air macet. Berikut ini beberapa diantaranya:

- Adanya Kotoran yang Menyumbat
Karena pompa air ini bertugas untuk mengambil air dari dalam akuarium kemudian anntinya dibawa ke filter air, maka hal ini akan membuat kotoran yang terdapat di dalam akuarium ikut masuk melalui pompa air akibatnya kotoran tersebut lama kelamaan mengumpul dan akan menghambat kinerja dari kipas tersebut.

- Mesin Pompa Air Akuarium Sudah Rusak
Penyebab kipas pompa air yang macet selajutnya adalah terjadinya kerusakan pada pompa air tersebut yang mengakibatkan pompa air tidak dapat bekerja secara maksimal.

Penyebabnya masih banyak lagi yang lainnya, namun hal diataslah yang sering di jumpai. Setelah mengetahui apa saja penyebabnya maka selanjutnya bagaimana cara mengatasi pompa air akuarium yang macet. Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda lakukan:

1. Persiapan Alat dan Bahan
Dalam proses perbaikan ini membutuhkan beberapa alat dan bahan, berikut ini merupakan alat dan bahan yang dibutuhkan:
- Kayu Kecil
- Pompa Air Akuarium
- Air Bersih
- Kain Lap

2. Proses Perbaikan
Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, selanjutnya anda dapat memulai proses perbaikan. Untuk proses perbaikan kipas pompa air yang macet ini dibagi menjadi 2 berdasarkan penyebabnya. Berikut ini masing - masing penjelasannya:

  • Cara Mengatasi Kipas Pompa Air Akuarium Macet Karena Kotoran
Untuk mengatasi permasalahn ini mudah sekali, karena kita harus mengeluarkan kotoran yang menggangu kinerja kipas pompa air tersebut. Adapun caranya adalah dengan membuka bagian bawah pompa air, kemudian keluarkan kotoran yang menggumpal dengan menggunakan kayu atau alat lainya. Jangan lupa anda juga harus mengecek di bagian selang, karena biasanya kotoran juga banyak pada bagian tersebut. 

Setelah bersih, maka anda dapat memberikan air bersih agar sisa - sisaa pembersihan ini dapat hilang semua. Setelah dirasa proses pembersihan selesai, pasang semua komponen pompa air.
  • Cara Mengatasi Kipas Pompa Air Akuarium Macet Karena Kerusakan Mesin
Permasalah yang satu ini termasuk rumit, karena untuk memperbaikinya anda perlu menguasi teknik khusus, oleh sebab itu apabila anda mengalami masalah ini. Sebaiknya serahkan urusan perbaikan mesin pompa air akuarium anda kepada orang yang sudah berpengalaman.

Baca Juga:

Jadi, ketika pompa air anda tidak dapat bekerja dengan baik belum tentu karena pompa air terserbut rusak, bisa juga karena kotoran yang menggumpal dan menyebabkan kinerja pompa air terganggu.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi kipas pompa air akuarium yang macet, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara merawat pompa air akuarium, cara mengganti kipas pompa air akuarium, cara agar pompa air akuarium kencang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel