-->

Begini Caranya Memperbaiki Layar TV Rusak dan Mengecil

Begini Caranya Memperbaiki Layar TV Rusak dan Mengecil - Ketika anda menyalakan tv dan ternyata tv tersebut menyala tidak seperti biasanya, maka ada hal yng tiak beres dengan tv tersebut. Salah satu jenis kerusakan tv adalah layar tv mengecil ketika dihidupkan.

Jika anda mengalami hal tersebut, anda bisa untuk memperbaiknya. Kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki layar tv rusak dan mengecil. Sebelum masuk ke dalam proses perbaikan, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan antara lain:
- Obeng
- Elco
- Tv

Untuk mendapatkan elco ini anda dapat membelinya di toko terdekat. Setelah semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat memulai proses perbaikan tv yang layaranya mengecil.

1. Tahap Pengecekan
Langkah pertama adalah dengan melakukan pengecekan, hal ini wajib dilakukan di awal sebelum proses perbaikan. Untuk melakukan pengecekan ini anda dapat langsung menyalakan tv tersebut kemudian amati.

2. Tentukan Kerusakan
Setelah dilakukan pengamatan tentunya kita sudah dapat menentukan kerusakannya, dengan begitu anda dapat mengambil tindakan perbaikan selanjutnya.

3. Buka Cover TV
Untuk memperbaiki tv tersebut, anda harus membuka cover tv. Untuk membukanya anda dapat melepaskan baut dengan menggunakan obeng yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

4. Cek Elco
Penyebab layar tv mengecil ini salah satunya disebabkan oleh kerusakan di bagian elco. Jadi lakukan pengecakan pada bagian ini, apabila terlihat menggelembung atau bocor maka anda dapat melakukan pergantian elco yang baru.

5. Lepas Elco Secara Hati - Hati
Sebelum dilakukan pergantian, anda harus melepas elco yang lama dan sudah terpasang tersebut. Namun untuk melepas ini sebaiknya dilakuakn secara hati - hati, karena dengan kesalahan sedikitpun dapat berdampak kerusakan lainnya.

6. Pasang Elco dengan Baik dan Benar
Setelah elco lama terlepas, selanjutnya anda dapat memasang elco yang baru. Pastikan dalam pemasangan elco ini benar. Jangan sampai salah antara positif dan negatifnya.

7. Uji Coba
Setelah proses perbaikan selesai, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan uji coba. Caranya adalah dengan menyalajtv seperti biasa, amati apakah layar tersebut sudah normal atau belum. Jika sudah maka perbaikan layar tv yang mengecil ini berhasil.

Baca Juga:

8. Tutup Kembai Cover TV
Langkah terakhir adalah dengan menutup kembali cover tv tersebut. Pastikan dalam pemasangannya benar serta bautnya kencang agar nantinya tidak mudah lepas.



Untuk memperbaiki layar tv rusak dan mengecil ini membutuhkan pengetahuan dan teknik khusus. Oleh karena itu apabila anda tidak memilikinya sebaiknya serahkan urusan perbaikn tv anda kepada ahli yang sudah berpengelaman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel