-->

Tutorial Lengkap Cara Mengamplas Kayu Menggunakan Mesin Gerinda

Pekerjaan amplas, merupakan salah satu proses finishing yang harus dilakukan. Tujuan dilakukan proses ini adalah agar kayu tersebut menjadi halus. Proses pengamplasan ini bisa dilakukan dengan cara manual dan bisa juga menggunakan mesin. Meskipun mudah proses pengamplasan ini harus dilakukan dengan baik dan benar, agar permukaan kayu rata dan halus nantinya.

Kali ini kita akan memberikan beberapa tutorial tentang cara mengamplas kayu dengan menggunakan mesin gerinda yang dapat anda praktekkan langsung.

1. Persiapkan Mesin
Langkah awal adalah dengan menyiapkan mesin yang akan digunakan untuk mengamplas kayu antara lain:
- Mesin Amplas
- Amplas


2. Pemasangan Amplas di Mesin Gerinda
Setelah itu agar mesin gerinda dapat digunakan maka anda perlu mengaturnya terlebih dahulu yaitu dengan cara memasang amplas di mesin gerinda yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Untuk pemasanganya mudah sekali anda tinggal membuka bagian tataan, kemudian menempelkan amplas ke bagian tataan tersebut. Untuk menempelkannya bisa dengan bantuan lem, pastikan amplas dapat menempel dengan baik.

3. Nyalakan Mesin Gerinda
Setelah semua persiapan sudah selesai, langkah selanjutnya adalah dengan menyalakan mesin gerinda tersebut. Untuk menyalakan mesin ini adalah dengan memasukkan colokan ke dalam lubang stop kontak. Baca Juga: Cara Memplitur Kusen Kayu Jati dengan Mudah

4. Memulai Proses Pengamplasan dengan Mesin Gerinda
Langkah berikutnya anda dapat langsung memulai proses pengamplasan menggunakan mesin gerinda, caranya adalah pegang mesin gerinda dengan tangan. Pastikan dalam memagang mesin ini kuat, karena getaran mesin ini sangat terasa. Kemudian arahkan mesin gerinda tersebut pada area yang akan dilakukan pengamplasa, buatlah gerakan secara horizontal dan vertikal. Lakukan proses ini sampai dengan kayu tersebut halus.

5. Matikan Mesin Gerinda
Apabila proses pengamplasan selesai, matikan mesin gerinda tersebut dengan cara mencabut colokan yang masih tertancap di dalam stop kontak.


Proses pengamplasan menggunakan mesin gerinda ini sangat mempermudah pekerjaan pengamplasan, karena dengan menggunakan mesin pekerjaan akan cepet selesai dan rasa capekpun berkurang.

Demikian informasi mengenai cara mengamplas kayu dengan kayu gerinda, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips mengamplas kayu paling mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel