-->

Cara Mencampur Gula dan Fermipan Untuk Membuat C02 Aquascape

Jika anda ingin membuat aquacape hal yang juga harus dipersiapkan adalah dengan  membuat C02, hal ini bertujuan agar tanaman yang berada di dalam aquascape dapat tumbuh dengan baik. Salah satu bahan yang dapat anda gunakan untuk membuat C02 adalah campuran gula dan fermipan ( Ragi Kue ). Lalu bagaimana cara mencampurnya?

Tutorial Lengkap C02 Ragul ( Ragi dan Gula ) Aquascape


1. Siapkan Alat dan Bahan
Langkah pertama siapkan dulu semua alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
- Gula Pasir
- Fermipan ( Ragi Kue )
- Wadah
- Sendok

2. Larutkan Gula
Kemudian larutkan gula tersebut dengan menggunakan air, untuk melarutkannya bisa dengan cara merebus gula dengan kompor atau dengan air biasa dengan cara di aduk - aduk.

3. Masukkan Fermipan
Setelah itu masukkan fermipan ke dalam larutan gula tadi. Pastikan takaran antara gula dan fermipan sesuai agar menghasilkan C02 yang bagus dan bertahan lama.

4. Tunggu Reaksi
Biasanya setelah pencampuran bahan tadi muncul reaksi berupa gelembung2. Nah jika sudah seperti ini maka C02 sudah siap untuk di masukkan ke dalam aquascape melalui diffuser yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Apabila pencampuran sesuai dengan prosedur yang ada maka kurang dari 1 jam larutan tersebut sudah dapat menghasilkan gelembung - gelembung. Untuk menentukan campurannya pas atau tidak anda dapat melihat rentan waktu gelembung yang dikeluarkan perdetiknya.

Itulah beberapa tips mencampur gula dan fermipan untuk membuat C02 aquascape, semoga dapat menambah wawasan anda tentang bagaimana membuat C02 dengan cara manual.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel