-->

Cara Membuat Diffuser CO2 Aquascape dari Tulang Kambing / Ayam

Diffuser merupakan salah satu hal yang penting dalam pembuatan CO2 di aquascape, dengan adanya gas ini maka tanaman yang berada di dalamnya akan tumbuh dengan sehat. Jika anda ingin membuat CO2 Sendiri maka hal yang pertama anda harus ketahui adalah cara untuk membuatnya.

Mengingat harga alat C02 di pasaran lumayan mahal maka dari itu anda dapat membuatnya sendiri, dalam membuat C02 sendiri bahan yang bisa anda pakai adalah campuran gula dan fermipan ( Ragi Kue ).

Harga gula dan fermipan sangat terjangkau sekalim sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin membuat C02 aquascape dengan harga yang terjangkau. Untuk membuat C02 aquascape bahan yang perlu anda siapkan adalah dua botol minuman yang lumayan tebal. Anda dapat menggunakan botol minuman yang bersoda.

Cara Membuat Diffusser Aquascape dengan Mudah


Siapkan juga selang kecil, karena selang inilah nantinya yang akan mengalirkan udara C02 ke dalam aquascape. Selain beberapa bahan diatas ada alat lagi yaitu diffuser. Apa itu diffuser? Diffuser merupakan alat yang berfungsi untuk menyemburkan C02 ke dalam aquascape secara halus. Dengan alat ini gelembung yang dihasilkan akan halus.

Jika anda tidak menggunakan diffuser maka udara yang tercipta hanyalah gelembung besar. Diffuser ini banyak tersedia di pasaran, harganya juga bervariasi ada yang mulai 25 rb hinggaa ratusan ribu. Masing - masing mempunyai keunggulan tersendiri.

Namun jika anda tidak mau membelinya, maka salah satu opsinya adalah dengan membuat diffuser sendiri, Bahan untuk membuat diffuser ini ada banyak sekali seperti:

- Pecahan Keramik
- Pecahan Genteng
- Ranting Kayu
- Papan
- Puntung Rokok
- Tulang

Cara kerja diffuser adalah menyemprotkan udara C02 ke dalam aquascape, semakin kecil lubang yang ada maka gelembung yang dihasilkan akan halus begitu pula sebaliknya. Pilihlah bahan diatas untuk membuat diffuser, yang terpenting adalah semprotan yang dihasilkan bisa lembut agar aquascape yang anda buat terlihat bagus.

Itulah beberapa tips cara membuat diffuser C02 aquascape untuk pemula, semoga dapat menambah wawasan anda tentang cara merawat tanaman aquascape dengan pemberian C02.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel