Begini Cara Mengatasi Agar Bunga Mangga Tidak Rontok

Begini Cara Mengatasi Agar Bunga Mangga Tidak Rontok - Mangga merupakan salah satu tanaman yang populer di indonesia, mangga yaitu sejenis buah - buahan yang memiliki rasam manis ketika sudah matang. Biasanya mangga di tanam di area pekarangan rumah, namun banyak juga yang menanam buah mangga sebagai perkebunan, artinya mangga tersebut ditnama dalam tanah yang sangat luas, Jenis dari mangga bermacam - macam, antara lain: mangga gadung, mangga mana lagi, mangga kopyor dan masih banyak jenis yang lainnya.

Begini Cara Mengatasi Agar Bunga Mangga Tidak Rontok
Begini Cara Mengatasi Agar Bunga Mangga Tidak Rontok

Tanaman mangga ketika mau berbuah tentunya melewati beberapa fase, salah satunya adalah munculnya bunga. Bunga ini nantinya akan berubah menjadi buah mangga yang besar yang biasa kita lihat sehari - hari. Namun banyak orang yang menanam mangga gagal merasakan hasilnya dikarenakan bunga yang ada menjadi rontok. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi agar bunga mangga tidak rontok. 
Penyebab rontoknya bunga buah mangga terdiri dari 2 faktor yaitu:
  • Faktor Luar ( Eksternal )
Faktor luar yang menyebabkan bunga mangga rontok bisa berupa iklim, cuaca, serangga, hama maupun penyakit yang menyerang.
  • Faktor Dalam ( Internal )
Faktor dalam ini merupakan faktor yang timbul dari dalam tanaman itu sendiri, hal ini berhubungan dengan tanaman yang anda tanam dapat berkembang baik atau tidak, atau bisa saja bibit mangga yang kurang bagus.

Baca Juga:

Namun ikan tanaman mangga anda mengalami kerontongan pada bunga, sebaiknya ikuti langkah - langkah berikut ini, supaya anda bisa merasakan buah mangga yang anda tanam sendiri:
Berikut ini langkah - langkah cara mengatasi agar bunga mangga tidak rontok yang baik dan benar:

1. Pemberian Pupuk yang Cukup
Masa berbunga adalah masa dimana tanaman mangga sangat membutuhkan kesuburan tanah, oleh karena itu menjaga agar tanah tetap subur harus kita lakukan agar bunga mangga menjadi tidak rontok, Caranya adalah dengan memberikan pupuk yang dapat meningkatkan unsur hara di dalam tanah seperti pemberian pupuk NPK.

2. Penyiraman
Setiap tanaman pasti membutuhkan air, begitu juga dengan tanaman mangga ini. Air sangat diperlukan apalagi dalam masa ketika tanaman mangga sedang berbunga. Sebaiknya penyiraman harus sering dilakukan, penyiraman bisa 2 kali sehari. Ketika waktu pagi dan sore hari.

3. Pemberian Suplemen Khusus
Pemberian suplemen ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi agar bunga mangga tidak rontok. Konsultasikan kepada penjual obat tanaman tentang suplemen apa yang dapat mencegah kerontokan bunga tanaman mangga. 

Dengan selalu merawat tanaman mangga setiap hari dengan baik tentunya cara awal untuk mengatasi agar bunga mangga tidak rontok, kerontokan bunga mangga banyak dipicu oleh banyak hal. oleh sebab itu anda harus juga mengetahui cara mengatasi kerontokan pada bunga mangga agar ketika hal itu terjadi pada tanaman milik anda, dapat dengan mudah ditanggulangi.
Demikian informasi mengenai cara mengatasi agar bunga mangga tidak rontok, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda mengenai penyebab kerontokan bunga mangga, Cara merawat mangga supaya tidak mengalami kerontokan.