Cara Menanam Jeruk Nipis di Pekarangan Rumah

Cara Menanam Jeruk Nipis di Pekarangan Rumah - Jeruk nipis merupaan salah satu tanaman yang populer, karena tanaman ini menghasilkan buah yang banyak fungsi dan kegunaanya. Berbeda dengan jeruk buah , jeruk nipis ini hanya dimanfaatkan sarinya saja, biasanya untuk bahan olahan makanan, serta untuk mecegah bau amis pada ikan. Banyak media yang bisa anda gunakan untuk menanam jeruk nipis ini salah satunya adalah dengan cara menanam jeruk nipis di pekarangan rumah, kenapa perakarangan rumah? karena biasanya tempat ini merupakan lahan kosong yang berada di sekitar rumah anda, karena itulah memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam jeruk nipis ini anda bisa praktekan. 

Cara Menanam Jeruk Nipis di Pekarangan Rumah
Cara Menanam Jeruk Nipis di Pekarangan Rumah


Kali ini kita akan membahas tentang cara menanam jeruk nipis di pekarang rumah, sebelum lanjut ke proses penanaman, sebaiknya apa saja manfaat jeruk nipis: 
- Meremajakan kulit
- Memperbaiki pencernaan
- Dapat menghilangkan bau amis
- Penyedap bumbu masakan
- serta masih banyak yang lainnya.
Dalam penanaman jeruk nipis ini sangatlah mudah, yang perlu anda siapkan adalah beberapa alat dan teknik penanaman saja.


Berikut ini Langkah - Langkah Menanam Jeruk Nipis di Pekarangan Rumah


1. Pemilihan Bibit
Sebelum menanam yang perlu anda siapkan adalah bibit jeruk nipis, dalam memilih bibit jeruk nipis ini sebaiknya bibit hasil proses okulasi, karena buah yang dihasikan nantinya akan unggul, anda bisa membeli bibit jeruk nipis ini ke toko bibit buah, atau ke tukang penangkaran bibit buah. Untuk harga bervariasi, tergantung usia bibit, serta kualiastnya. Konsultasikan terlebih dahulu kepada penjual tentang cara penanaman, cara perawatan dan lain sebagainya, agar nantinya anda semakin mudah untuk menanam jeruk nipis hingga berbuah.

2. Siapkan Alat
Proses penanaman jeruk nipis dipekarangan hanya membutuhkan beberapa alat yang mudah kita jumpai sehari - hari, seperti: Cangkul, Air, Tanah yang subur dan lain - lain.

Baca Juga: Cara Membuat Taman Rumput di Rumah


3. Persiapkan Pupuk
Dalam menanam jeruk nipis ini pupuk sangatlah penting, karena dengan memberikan pupuk saat menanam jeruk nipis, besar kemungkinan jeruk nipis anda dapat tumbuh dengan baik.

4. Buat Lubang
Jika alat dan bahan sudah siap, selanjutnya adalah dengan membuat lubang, buatlah lubang sesuai dengan ukuran bibit jeruk nipis anda, jangan sampai terlalu dalam dan juga terlalu dangkal. Cara membuat lubang adalah dengan menggunakan cangkul, Berikan pupuk di dalam lubang tersebut kemudian masukkan bibit jeruk nipis kedalamnya.

5. Penyiraman
Dalam menanam jeruk nipis ini perawatan rutin harus dilakukan, seperti penyiraman. Sebaiknya siram tanaman jeruk nipis 2-3 kali sehari. 

Dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang kosong, dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, salah satunya adalah jeruk nipis. Karena jika anda sudah memiliki tanaman jeruk nipis sendiri anda tidak perlu lagi membelinya, Semakin hemat kan?
Demikian informasi mengenai cara menanam jeruk nipis di pekarangan rumah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda mengenai manfaat jeruk nipis, tips memanfaatkan pekarang rumah yang kosong.