Cara Membuat Rumah Ukuran 10x7

Cara Membuat Rumah Ukuran 10x7 - Bagi anda yang mempunyai keluarga kecil dan berencana ingin membangun rumah, ukuran rumah 10x7 ini sangat cocok mengingat harga tanah saat ini cukup mahal apalagi jika lokasi tanah anda berada di perkotaan. Bagi anda yang ingin membuat rumah 10 x 7 kami akan sajikan beberapa informasi cara membuat rumah dengan ukuran hanya 10 x 7, degan ukuran tersebut juga dapat menciptakan rumah dengan desain yang tidak kalah dengan ukuran lainnya. Dalam pembuatan rumah ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan seperti lokasi, budget, konsep, interior, eksterior dan lain sebagainya.

 

Berikut ini beberapa tahapan cara membuat rumah ukuran 10 x 7

1. Pemilihan Lokasi
Pemilihan lokasi merupakan langkah awal untuk pembuatan rumah, anda dapat menentukan lokasi yang strategis yang cocok untuk ditinggal anda bersama keluarga, biasanya jika lokasi tanah berada di kota atau tepi jalan raya pastinya akan mahal, sebaiknya dalam pemilihan lokasi ini sesuaikanlah dengan budget yang ada serta di diskusikan bersama dengan keluarga mengingat dana yang ada harus juga untuk membangun rumahnya, jadi lakukanlah perhitungan serta pengkajian secara matang supaya dalam proses pembanguan rumah anda dapat berjalan sesuai rencana. 

Tata Letak Ruangan Rumah 10 x 7
Tata Letak Ruangan Rumah 10 x 7


2. Penyusuan Konsep Desain Rumah
Setelah lokasi sudah ditentukan, tahapan selanjutnya adalah pembuatan konsep desain rumah, walaupun rumah ini berukuran 10 x 7, pastinya dapat disesuaikan konsep serta desainnya. Sebaiknya dalam penyusunan konsep desain rumah ini dimulai dari apa - apa saja yang harus ada di dalam rumah tersebut, seperti: Jumlah kamar, dapur, kamar mandi, garasi, taman kecil, ruang tamu dan lain sebagainya. Setalah semua kebutuhan - kebutuhan sudah di data, selanjutnya adalah membagi luas tanah yang ada dengan kebutuhan yang ada di dalam rumah. Misalnya dengan konsep dibawah ini:
Konsep Desain Rumah Ukuran 10 x 7
Konsep Desain Rumah Ukuran 10 x 7
Dengan konsep diatas anda sudah dapat membuat rumah dengan ukuran 10 x 7 lengkap dengan ruang tamu, tempat tidur, taman kecil, garasi, dapur, kamr mandi. Untuk pembagian ruangan dapat anda sesuaikan kembali, misalnya luas ruang tamu, luas kamar tidur serta yang lainnya.

3. Proses Pembelian Bahan Material Bangunan
Setelah membuat konsep desain rumah yang diinginkan selanjutnya adalah proses pembelian bahan bangunan, jika konsep dibuat pastinya kita dapat dengan mudah untuk menentukan perkiraan jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan, sebaiknya dalam perhitungan ini anda serahkan kepada ahli bangunan yang sudah berpengalaman, Adapun bahan material yang dibutuhkan untuk pembuatan rumah ukuran 10 x 7 ini adalah sebagai berikut:
- Pasir
- Semen
- Batu Kali
- Besi
- Batu
- Batu Bata
- Keramik
- Paving
- Genteng
- Baja Ringan
Diatas hanya untuk proses pembangunan rumah, nanti ada lagi untuk interior serta finishing yang akan kita bahas dibelakang.

Baca Juga:  Cara Menjadikan Rumah Sejuk dengan Tanaman


4. Proses Pembutan Rumah
Setelah semua bahan material sudah siap selanjutnya adalah proses pembuatan rumah, dalam pembuatan rumah ini ada beberapa tahapan seperti: Pembuatan ponsasi, pembuatan dinding, pembuatan atap, serta finishing. Berikut ini akan kami bahas satu persatu:
  • Proses Pembuatan Pondasi
Tahap ini merupakan tahap paling awal dalam pembuatan rumah 10 x 7, setelah konsep desain sudah jadi maka lakukanlah pembuatan pondasi sesuai desain yang kita inginkan. pondasi ini nantinya untuk dasar pembuatan dinding rumah. Dalam pembuatan pondasi paling awal adalah memberikan bowplank, hal ini bertujuan sebagai patoka dalam pembuatan pondasi, selanjutnya gali tanah tersebut sesuai konsep yang sudah dibuat dan harus mengikut bowplank yang ada.
Dalam penggalian pondasi ini berkisar antra 40 - 50 cm saja untuk rumah yang sederhana.
  • Pembuatan Dinding

Proses pembuatan dinding rumah minimalis
Proses pembuatan dinding rumah minimalis

Setelah pondasi sudah siap selanjutnya adalah pembuatan dinding rumah, susunlah batu bata diatas pondasi rumah, sesuaikan dengan konsep desain rumah yang sudah dibuat sebelumnya. Dalam pembuatan dinding ini anda bisa menggunakan batu bata merah, batu bata putih. Pastikan batu bata tersebut dapat menempel dengan kuat.  Untuk dinding ini sebaiknya jangan diplester dahulu, proses plester dinding ini dapat dilakukan saat proses finishing.
  • Pembuatan Atap
Model Atap Rumah 10 x 7
Model Atap Rumah 10 x 7

Setelah dinding sudah jadi dan sudah kuat, selanjutnya adalah proses pembuatan atap rumah, saat ini banyak jenis bahan yang dapat digunakan untuk atap rumah seperti baja ringan, kayu serta masih banyak yang lainnya. Dalam pemasangan atap pastikan semua bagian menempel dengan kuat, setelah bagian atap sudah siap anda dapat memasang genteng. Jika atap sudah selesai pastinya akan mempermudah proses finishing nantinya karena rumah jadi teduh sehingga akan memudahkan dalam pemasangan keramik, plester, pengecetan dan lain sebagainya.
  • Pemasangan Kusen 
Setelah dinding maupun atap sudah siap selanjutnya adalah pemasangan kusen, di dalam rumah pastinya terdapat sekali kusen, ada kusen jendela, kusen pintu, kusen jendela depan dan masih banyak yang lainnya, Hal ini harus segera di pasang agar nantinya mudah dalam proses finishing dinding.
  • Proses Finishing Dinding
Selanjutnya adalah proses finsihing dinding, untuk bagian dalam dan samping rumah hanya memerlukan finishing dengan memplester saja, namun untuk bagian depan rumah pastinya berbeda, karena bagian depan ini terdapat ornamen rumah seperti pemasangan batu alam. Sesuaikan dengan tema dan konsep yang ingin anda buat di rumah anda. Proses Finishing ini harus dilakukan terlebih dahulu dibandingkan pemasangan lantai, karena dengan pemasangan lantai terlebih dahulu dapat menyebabkan lantai anda kotor pada saat plester, cat maupun proses finshing dinding lainnya.
  • Pemasagan Keramik
Proses ini merupakan proses dimana pertanda rumah anda akan segera jadi, pastikan ukuran keramik tersebut pas dan serasi dengan ukuran rumah anda, anda dapat membaca ukuran kemarik untuk rumah minimalis di artikel sebelumnya. 
  • Pemasangan Paving
Beralih ke bagian luar, di bagian luar anda dapat mengaplikasikan paving untuk lantai luar rumah anda, karena pemasangan paving tidak membutuhkan adukan, maka ini juga dapat mengehemat dalam pembuatan rumah. Pasanglah paving sesusi dengan konsep desain yang diinginkan.
  • Pembuatan Pagar
Meskipun rumah ini dengan ukuran 10 x7 tapi, pembuatan pagar ini juga penting selain untuk menambah keindahan rumah pagar juga sangat berfungsi untuk pengamanan rumah. pilihlah model dan desain pagar sesuai dengan  tema rumah. Finishing pagar anda dapat mengaplikasin cat maupun batuan alam agar serasi dengan rumah, Anda bisa membaca tips membuat pagar rumah di artikel yang sebelumnya.
  • Pembuatan Garasi
Saat ini kebanyakan orang pastinya terdapat garasi, garasi ini berfungsi untuk memarkirkan mobil,  mesikpun rumah ini ukuran 10 x 7 namun anda dapat membuat garasi di depan rumah bagian samping. Jenis yang cocok untuk desain rumah ini adalah menggunakan atap kanopy.

Model Desain Rumah Minimalis Ukuran 10 x 7

Walaupun anda hanya memiliki tanah 10 x 7 meter saja, anda sudah dapat membuat rumah dengan komponen rumah seperti diatas, pastikan tema dan nuansa rumah adalah keputusan semua keluarga agar nantinya saat dihuni akan terasa nyaman. Demikian informasi mengenai cara membuat rumah ukuran 10x7 , diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menamabh inspirasi anda tentang desain rumah 10 x 7, biaya bangun rumah 10 x 7.