Tips Memasang List Gypsum Pada Plafon

Tips Memasang List Gypsum Pada Plafon - Plafon merupakan salah satu dekorasi interior rumah, plafon ini digunakan pada bagian atap untuk menciptakan kesan yang menarik dalam rumah. Model dan bentuk plafon saat ini banyak sekali, untuk lebih menarik lagi sebaiknya berikan list pada plafon tersebut. List plafon ini terbuat dari berbagai macam bahan, ada yang terbuat dari bahan kayu dan ada juga yang terbuat dari gypsum. Bahan list dari gypsum inilah yang sangat populer di masyarakat, karena selain bentuknya yang menarik, cara pemasangan dan harganya pun sangat terjangkau.

Jika anda ingin memasang list gypsum ini pada plafon rumah anda, ini ada informasinya. Kali ini kita akan membahas tentang tips memasang list gypsum pada plafon rumah. Untuk pemasangan ini ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan seperti:
- List Gypusm
- Alat Ukur
- Gergaji Besi
- Coumpound
- Wadah
- Kape

Setelah alat dan bahan sudah siap selanjutnya adalah proses pemasangan list gypsum ini. Berikut ini langkah - langkah cara pemasangan list gypsum pada plafon rumah:

1. Lakukan Pengukuran
Langkah ini merupakan langkah awal yang harus anda lakukan untuk memasang list gypsum. Pengukuran ini penting supaya list gypsum dan areanya sangat pas ketika dipasang. Dalam mengukur ini sebaiknya dilakukan secara teliti, karena jika terdapat kesalahan pengukuran sedikitpun akan berpengaruh pada sambungan list lainnya. Setalah diukur, lakukan penandaan pada bagian tersebut, agar memudahkan kita untuk melakukan proses pemotongan nantinya.

2. Pemotongan
Setelah selesai pengukuran, langkah selanjutnya adalah proses pemotongan list gypsum. Cara memotongnya adalah dengan menggunakan gergaji besi, dalam proses pemotongan ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati agar hasilnya rapi.

3. Membuat Perekat
Untuk memasang list gyspum pada plafon butuh yang namanya perekat. Untuk membuat perekat ini caranya cukup mudah sekali, siapkan beberapa alat dan bahan berikut ini:
- Air
- Wadah
- Bubuk Compound
- Kape

Setelah alat dan bahan sudah siap, lanjut ke proses pembuatan perekat ini:
- Siapkan wadah, bisa berupa triplek atau yang lainnya
- Masukkan bubuk compund tersebut ke dalam wadah
- Campurkan air sedikit demi sedikit, sambil mencampurkan air lakukan pengadukan agar nantinya tidak megeras
- Perekat List gypsum sudah siap digunakan

4. Pengalikasian Perekat
Setelah perekat sudah siap, selanjutnya adalah mengoleskan perekat tersebut ke seluruh permukaan list gypsum, dalam proses pengolesan ini anda harus terliti agar semua bagian dapat terkena secara menyeluruh supaya ketika dipasang akan kuat.

Tips Memasang List Gypsum Pada Plafon
Tips Memasang List Gypsum Pada Plafon


5. Pasang List Gypsum Pada Plafon
Jika list gypsum sudah diolesi pereket semua, langkah selanjutnya adalah proses pemasangan list tersebut ke bagian plafon. Tempelkan secara berlahan list tersebut ke bagian yang sudah kita tandai sebelumnya. pastikan list tersebut menempel dengan baik.

Baca Juga: 




6. Proses Finishing
Ini merupakan langkah terakhir dalam pemasangan list gypsum, lakukan proses perapian pada bagian atas dan bawah list anda bisa menggunakan kape untuk merapikannya. Pada bagian sambungan list gypsum sebaiknya dirapikan jangan sampai terlihat sambungannya anda bisa menambah perekat untuk menghilangkan sambungan ini.

Dalam pemasangan list gypsum ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman agar hasil yang didapatkan maksimal. Demikian informasi mengenai tips memasang list gypsum pada plafon, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara memasang list gypsum dengan mudah, tutorial pemasangan list gypsum.