-->

Cara Membuat Tangga dari Bambu

Cara Membuat Tangga dari Bambu - Tannga merupakan salah satu alat yang sangat bermanfaat, alat ini banyak digunakan ketika sedang memperbaiki rumah, sebagai contoh ketika anda ingin memperbaiki genteng rumah pastinya butuh suatu alat agar ada dapat memanjat ke atap, dengan bantuan tangga inilah anda dapat naik ke atap genteng dengan mudah, untuk membuat tangga bahan yang digunakan banyak sekali, ada yang terbuat dari baja ringan, kayu, dan bambu serta masih banyak lagi yang lainnya, Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat tangga dari bambu.

Kenapa memilih bambu? Karen selain mudah di jumpai, bambu juga mmepunyai harga yang relatif murah serta pembuatan tangga dari bambu ini sangat mudah sekali, sebelum masuk ke proses pembuatan tangga ini ada beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan antara lain sebagai berikut:

Alat dan Bahan:
- Bambu
- Gergaji
- Palu
- Alat Ukur
- Pahatan Kayu
- Amplas

Setelah alat dan bahan sudah siap, selanjutnya anda dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu langkah - langkah pembuatan tangga dari bambu.

1. Siapkan Bambu
Bambu yang digunakan sebaiknya mempunyai kualitas terbaik, ukuran bambu jangan terlalu besar, karena hal itu menyulitkan pemindahan dan pengangkatan tangga nantinya. Usahakan memilih bambu yang bertekstur kuat agar ketika digunakan bambu tersebut tidak patah.

2. Pengukuran
Untuk membuat tangga ini anda harus membuat ukuran panjang yang sama, misalnya pada bagian kaki, anda harus menyiapkan 2 ukuran bambu yang sama. Sesuaikan tinggi bambu dengan tinggi yang diperlukan. Anda dapat menggunakan alat ukut untuk mengukur ketinggian bambu tersebut, setelah itu berikan tanda agar memudahkan kita dalam melakukan poses pemotongan nantinya.

3. Proses Penghalusan Bambu
Untuk menambah cantik serta memudahkan kita dalam menggunakan tangga tersebut, anda dapat melakukan penghalusan bambu tersebut,caranya adalah dengan cara  mengaplas pada permukaan bambu agar tangga yang dihasilkan nantinya halus serta menarik. 

4. Proses Perangkain
Setelah semua bahan sudah siap selanjtnya adalah proses perangkaian, untuk menyatukan satu bagian dengan yang lainnya adalah cara:
- Siapkan 2 kaki tanggai terlebih dahulu
- Lubangi bagian dalam tangga tersebut, lubang ini berfungsi untuk memasukkan anak tangga nantinya.
- Pastikan lubangnya pas, jangan terlalu kendor dan juga jangan terlalu kencang.
- Masukkan anak tangga satu persatu ke dalam lubang yang sudah dibuat.

Baca Juga:

6. Proses Finishing
Agar tangga yang anda buat lebih menarik lagi anda perlu melakukan proses finishing, anda dapat melakukan pengecatan pada tangga tersebut.



Banyak cara sebenarnya untuk membuat tangga, namun  cara diatas adalah yang paling mudah, anda dapat mencobanya sendiri dirumah. Demikian informasi mengenai cara membuat tangga dari bambu, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tutorial pembuatan tangga, manfaat bambu, tips pembuatan tangga dari bambu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel