-->

Cara Pengisian Nat Keramik

Cara Pengisian Nat Keramik - Ketika anda memasang keramik, pastinya terdapat nat, nat merupakan sela - sela kecil diantaranya keramik satu dengan yang lainnya. Nat ini perlu diisi, karena dengan pengisian tersebut akan membuat keramik yang anda pasang dapat merekat dengan kuat antara satu keramik dengan yang lainnya. Untuk pengisian nat keramik ini ada beberapa caranya, Kali ini kita akan membahas tentang cara pengisian nat keramik.

Untuk mengisi nat keramik diperlukan beberapa alat dan bahan, diantaranya adalah sebagai berikut:
- Kuas
- Wadah
- Semen
- Rakel Karet
- Air
- Lap
- Amplas

Setelah alat dan bahan sudah siap, anda dapat melanjutkan proses selanutnya yaitu proses pengisian nat pada keramik, berikut ini langkah - langkah dalam pengisian nat keramik tersebut:

1. Bersihkan terlebih dahulu sela - sela nat tersebut agar ketika pengisian nat tidak terganggu.
2. Buatlah adonan semen, caranya adalah:
- Siapkan wadah, bisa berupa ember maupun wadah lainnya yang penting dapat menampung adukan serta memudahkan kita dalam mengambil adukan tersebut.
- Tuangkan semen secukupnya ke dalam wadah tersebut
- Berikan air secukupnya
- Aduk dengan menggunakan cetok
- Pastikan adonan tersebut merata
- Adonan semen siap digunakan
3. Isikan  adonan semen tersebut ke dalam nat menggunakan rakel karet, dalam pengisian ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati dan teliti agar pengisian rapi sehingga tidak mengotori keramik.
4. Jika dalam proses pengisian ini merembet ke bagian keramik, sebaiknya segera dilakukan pengelapan. Karena ketika adonan semen tersebut kering pastinya akan lebih susah untuk membersihkannya.
5. Tunggu kira - kira 24 Jam
6. Jika nat dipastikan kering, anda dapat merapikannya dengan menggunakan amplas. Ketika pengamplasn sebaiknya dilakukan secara hati - hati agar tidak merusak nat ynag sudah kita buat sebelumnya.
7. Jika semua proses pengisian nat sudah selesai, anda dapat melakukan proses pengelapn untuk membersihkan sisa - sisa semen yang ada.

Baca Juga:


Untuk pengisian nat keramik sebenarnya banyak sekali caranya, namun cara diatas merupakan cara yang tergolong mudah dan dapat anda coba sendiri dirumah. Namun apabila anda tidak memiliki keahlian dalam pengisian nat ini, sebaiknya percayakan pada tukang bangunan yang sudah berpengalaman agar pengisian nat ini dapat dikerjakan dengan sempurna.

Cara Pengisian Nat Keramik
Cara Pengisian Nat Keramik
Demikian informasi mengenai cara pengisian nat keramik, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pengisian nat keramik, bahan - bahan untuk mengisi nat keramik, cara membersihkan nat keramik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel