Penyebab Plesteran Dinding Rumah Retak

Penyebab Plesteran Dinding Rumah Retak - Dinding merupakan salah satu bagian terpenting dalam rumah, biasanya dinding ini terbuat dari tembok yaitu bata yang disususn sedemikian rupa sehingga menutupi bagian samping rumah. Finishing dinding biasanya menggunakan pleseteran, gunanya adalah untuk menutupi batu bata tersbut serta memudahkan nanti untuk proses pengecatan, namun pada pleseteran tersebut kadang terjadi keretakan, lalu apa saja penyebab keretakan pada pleseteran dinding rumah ini ?

1. Penurunan Pondasi
Penurunan pondasi merupakan salah satu penyebab plesteran dinding rumah retak, tidak hanya itu saja, biasanya ketika pondasi turun juga dapat menyebabkan bata tersebut juga retak. Sebaiknya ketika membuat pondasi harus bener- benar dapat menangggung beban berat yang ada diatasnya afgar penuruna pondasi itu tidak terjadi.

2. Pasir dengan Kualitas Kurang Bagus
Pasir merupakan salah material bahan bangunan ynag digunakan untuk membuat adukan pada plesteran tersebut, pasir juga sebagai salah satu penyebab plesteran dinding rumah retak jika kualitas pasir tersebut kurang bagus, sebaiknya pilihlah pasir dengan kualitas terbaik agar ketika diaplikasikan tidak terdapat kerusakan. 

3. Air yang Kurang Bagus
Air ini digunakan untuk pencampur adukan, oleh sebab itu air yang bersih dan bagus sangat penting, jika tidak maka air ini juga menjadi salah satu penyebab pleseteran dinding rumah retak.

4. Pengadukan yang Salah
Penyebab plesteran dinding rumah retak selanjutnya adalah salahnya proses pencampuran semen dan air, pencampuran pasir dan semen. Berikut ini penjelasannya:

- Terlalu Banyak Pasir dan Kurang Semen
Ketika hal itu terjadi maka kekuatan plesteran itu tentunya akan berkurang sehingga menyebabkan plesteran dinding rumah retak, sebaiknya dalam pencampuran ini dilakukan secara pas.

- Terlalu Banyak Semen dan Kurang Pasir
Ketika semen lebih banyak dari pada pasir ini juga dapat menyebabkan plesteran dinding rumah retak, karena dengan semen yang terlalu banyak akan mengalami penyusutan juga akan semakin besar sehingga keretakan itu dapat terjadi.

5. Pengerjaan yang Kurang Baik
Penyebab plesteran dinding rumah retak selanjutnya dipengaruhi oleh pengerjaan yang kurang baik, misalnya ketika proses memplester masih terdapat rongga di dalamnya. Oleh karena itu agar hal itu tidak terjadi sebaiknya lakukan penekanan yang maksimal ketika proses memplester.

Baca Juga:

 


6. Plesteran Terlalu Cepat Mengering
Ketika cuaca sedang panas, maka plesteran tersebut tentunya akan cepat mengering, namun ketika plesteran tersebut kering dengan cepat akan menyebabkan plesteran dinding rumah retak. Oleh sebab itu sebelum proses memplester dinding, sirami dinding tersebut dengan air terlebih dahulu.

Penyebab Plesteran Dinding Rumah Retak
Penyebab Plesteran Dinding Rumah Retak


7. Ketebalan Acian
Dalam mengaci plesteran , sebaiknya ketebalan acian tersebut jangan terlalu tebal, jika terlalu tebal maka dapat menyebabkan keretakan pada acian tersebut.

Banyak faktor sekali plesteran dinding rumah retak, solusinya adalah dengan memilih bahan material yang baus serta teknik pengerjaan yang benar itu dapat mencegah terjadinya keretakan plesteran dinding rumah. Demikian informasi mengenai penyebab plesteran dinding rumah retak, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang solusi mengatasi plesteran dinding rumah retak, penyebab plesteran dinding rumah retak.