-->

Cara Membuat Atap dari Bambu Paling Mudah

Cara Membuat Atap dari Bambu Paling Mudah - Jenis atap banyak sekali, mulai dari genteng, asbes serta bambu. Bambu merupakan sebuah pohon yang banyak memiliki manfaat, salah satunya adalah digunakan sebagai atap. Dengan menggunakan atap ini selain mudah, harga murah akan membuat bangunan tersebut bernuansa alami. Biasanya atap bambu ini dapat digunakan di gazebo dan lain sebagainya. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat atap dari bambu paling mudah.

Sebelum masuk ke dalam proses pembuatan, terlebih dahulu kita persiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan seperti:
- Bambu
- Gergaji
- Alat Ukur
- Paku
- Palu
- Golok

Sebaiknya pilihlah bambu yang memiliki umur sudah tua, karena dengan begitu bambu tersebut pastinya memiliki tekstur yang keras sehingga akan tahan lama. Sesuaikan ukuran bambu yang satu dengan yang lainnya, agar memudahkan kita dalam pemasangan nantinya. 

Jika alat dan bahan sudah siap, selanjutnya yaitu langkah - langkah cara membuat atap dari bambu berikut ini:

1. Tentukan Bangunan
Langkah awal sebelum memasang atap bambu tersebut adalah dengan cara menentukan bangunan mana yang akan dipasangi, dengan begitu nantinya anda dapat menentukan ukuran, model dan jumlah bambu yang dibutuhkan. 

2. Lakukan Pengukuran
Tidak semua bahan bambu yang anda miliki memiliki ukuran yang sama, maka proses pengukuran ini penting, agar ketika dipasang akan membuat atap bambu tersebut terlihat menarik.

3. Pemotongan
Dalam memotong bambu ini banyak sekali caranya, salah satunya adalah dengan menggunakan gergaji. Karena dengan alat ini pemotongan bambu akan berjalan cepat dan mudah. Potonglah pada bagian yang sudah ditandai sebelumnya, pastikan dalam memotong bambu tersebut rapi.

4. Pembelahan
Agar bambu tersebut dapat berfungsi sebagai atap, maka yang harus anda lakukan adalah dengan cara membelahnya menjadi 2 bagian, untuk membelah bambu tersebut anda dapat menggunakan golok maupun alat lainnya.

5. Pemasangan
Jika dirasa semua bahan sudah siap, anda dapat langsung memulai pemasangan. Untuk pemasangannya arahkan bambu mengarah keatas, bagian yang satu mengarah kebawah. Pasang dengan model seperti secara bergantian. Untuk merekatkan satu bagian dengan yang lainnya anda dapat menggunakan paku.

Baca Juga:
6. Proses Finishing
Dalam tahap ini anda dapat melakukan pengecekan antar bagian, pastikan semua bagian dapat terpasang rapi, bersihkan sisa - sisa pemotongan yang ada. 
Cara Membuat Atap dari Bambu Paling Mudah
Cara Membuat Atap dari Bambu Paling Mudah
Dalam membuat atap bambu ini sebenarnya mudah, anda dapat mengikuti tips diatas. Bambu merupakan salah satu pohon yang memiliki bermacam manfaat. Demikian informasi mengenai cara membuat atap dari bambu paling mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pemasangan atap bambu, cara menjadikan bambu sebagai atap, keunggulan atap dari bambu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel