Cara Membuat Kemoceng dengan Tali Rafia

Cara Membuat Kemoceng dengan Tali Rafia - Kemoceng merupakan salah satu alat kebersihan, biasanya alat ini digunakan untuk memberihkan debu yang terdapat di dalam perabotan rumah, seperti almari, meja dan lain sebagainya. Bahan untuk membuat kemoceng banyak sekali, ada yang terbuat dari bulu ayam, dan tali rafis, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kemoceng dengan tali rafia

Tali rafia merupakan sejenis tali yang biasa kita jumpai sehari- hari, selain untuk mengikat, tali rafia ini juga dapat digunakan untuk membuat kerajian seperti bunga, kemoceng dan lain - lain. Sebelum masuk ke proses pembuatan kemoceng, mari kita siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya:

Alat dan Bahan:
- Tali Rafia
- Batang Kayu
- Gunting 
-Sisir
- Jarum

Anda dapat mendapatkan tali rafia tersebut di toko terdekat, sedangkan untuk gagangnya anda dapat memanfatkan bambu. Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu langkah - langkah dalam membuat kemoceng berbahan tali rafia.

1. Proses Pengukuran
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan proses pengukuran, sesuaikan dengan ukuran yang akan anda buat. Pengukuran ini harus dilakukan sebelum proses pemotongan, agar tali rafia tersebut mempunyai ukuran sama.

2. Proses Pemotongan
Jika sudah diukur, potong bagian yang sudah ditentukan, untuk memotong tali rafia anda dapat menggunakan gunting.

3. Siapkan 2 Tiang
untuk membuat kemoceng ini siapkan 2 tiang, tiang ini nantinya berfunsgi untuk mengikat tali utama.

4. Ikat Tali Utama Pada Tiang
Ikat tali utama tersebut pada tiang yang sudah dipersiapkan sebelumnya, karena tali ini merupakan tali utama sebaiknya pilihlah tali yang kuat.

5. Ikat Tali Pendek Pada Tali Utama
Jika tali utama sudah siap, langkah selanjutnya adalah mengikat tali pendek tersebut sebanyak mungkin pada tali utama, pastikan ikatan tersebut kuat agar nanti ketika digunakan kemoceng tersebut tidak mudah lepas.

6. Sisir Tali Pendek hingga menjadi Serabut
Untuk penyisiran ini anda dapat menggunakan jarum ataupun peniti, pastikan tali rafia tersebut terbelah menjadi beberapa bagian sehingga akan menjadi halus.

7.Rapikan Tali Rafia
Agar rapi, potong bagian yang panjang dengan menggunakan gunting.

Baca Juga:


8. Ikat Pada Batang
Jika dirasa sudah rapi, selanjutnya ikatkan tali rafia tersebut pada batang yang sudah dipersiapkan dengan membentuk spiral, pastikan tidak ada rongga yang tersisa.

Cara Membuat Kemoceng dengan Tali Rafia
Cara Membuat Kemoceng dengan Tali Rafia
Untuk membuat kemoceng ini sebenarnya mudah, bahan dan alat yang digunakan juga mudha kita jumpai, dengan mengikuti tips diatas anda dapat membuat kemoceng sendiri di rumah dengan mudah. Demikian informasi mengenai cara membuat kemoceng dengan tali rafia, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan komoceng, cara membuat kemoceng dengan biaya terjangkau.