Cara Mengecat Kayu dengan Pernis

Cara Mengecat Kayu dengan Pernis -Kayu merupakan salah satu bahan yang sering dijadikan perabotan yang penting di sebuah rumah, seperti almari, meja, kursi, kusen dan masih banyak lagi yang lainnya. Ketika anda memutuskan untuk menggunakan bahan kayu, maka anda juga harus memikirkan proses finishing nantinya yang anda gunakan, misalnya plitur, cat atau pernis. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengecat kayu dengan pernis.

Sebelum masuk ke dalam proses pengecatan, terlebih dahulu kita persiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan nantinya. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

- Amplas
- Pernis
- Kuas
- Wadah
- Kain  Lap

Pastikan ketika pemilihan pernis ini adalah dengan kualitas terbaik, agar hasil yang didapatkan nantinya juga maksimal, Jika alat dan bahan diatas sudah siap, anda dapat memulai proses pengecatan kayu dengan pernis, anda dapat mengikuti beberapa langkah - langkah berikut ini:

1. Tentukan Area Pengecetan
Langkah pertama yang anda adalah dengan menentukan area yang akan dicat menggunakan  pernis, dengan begitu anda dapat menentukan jumlah pernis yang dihabiskan nantinya.

2. Pilih Lokasi Pengecatan
Untuk mempermudah dan mempercepat proses pengecatan kayu dengan pernis, sebaiknya lakukanlah di tempat yang nyaman serta mempunyai penerangan cukup, dengan begitu ketika proses pengecetan akan mudah serta terlihat dengan jelas bagian mana saja yang kurang bagus.

3. Perhatikan Suhu
Saat melakukan pengecatan dengan pernis, sebaiknya tetap memerhatikan cuaca. Lakukanlah pengecetan ketika shubu atau cuaca sedang panas, tujuannya agar ketika pernis tersebut sudah diaplikasikan akan segera kering dengan baik. 

4. Amplas Kayu
Sebelum memulai mengaplikasikan pernis di kayu, terlebih dahulu yang harus anda lakukan adalah dengan mengamplas pada bagian yang akan di cat nantinya. Untuk proses pengamplasan ini anda dapat mengamplas secara manual ataupun dengan mesin, pastikan jenis amplas yang digunakan sesuai.

5. Proses Pengecetan Kayu dengan Pernis
Jika area yang akan di cat sudah siap, anda dapat langsung mengaplikasikan pernis tersebut pada area yang sudah dipersiapkan sebelumnya, anda dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini:
- Taruh pernis ke dalam wadah khusus
Untuk memudahkan proses pengecatan, sebaiknya taruhlah pernis tersebut pada wadah tertentu. pastikan wadah tersebut nantinya memudahkan kita dalam mengambil pernis.

- Oleskan Pernis ke Area Tersebut
Jika pernis sudah siap, oleskan pernis ke area yang sudah dipersiapkan sebelumnya, untuk mengoleskannya anda dapat menggunakan kuas. Buat gerakan secara horizontal maupun vertikal.

- Ulangi Langkah Diatas
Untuk membuat hasil pengecetan yang maksimal, ulangilah secara berkala, pastikan tidak ada ruang kosong yang terlewati. 

Baca Juga:
6. Diamkan Hingga Kering
Jika pernis sudah diaplikasikan, diamkan sejenak hingga pernis tersebut benar- benar kering sebelum anda menggunakan perabotan tersebut.

Cara Mengecat Kayu dengan Pernis
Cara Mengecat Kayu dengan Pernis
Untuk mengecat kayu dengan pernis ini sebenarnya mudah sekali, anda dapat mengikuti beberapa langkah diatas. Demikian informasi mengenai cara mengecat kayu dengan pernis, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pengecatan kayu, keunggulan vernish, tutorial pengecetan menggunakan pernis.