Perbedaan Gergaji Potong dan Belah

Perbedaan Gergaji Potong dan Belah - Gergaji merupakan salah satu alat yang sangat berguna untuk membelah, seperti kayu dan bahan lainnya. Gergaji ini sendiri dibagi menjadi 2 macam secara fungsinya yaitu gergaji potong dan gergaji belah. Jika anda sedang mencari informasi mengenai perbedaan gergaji potong dan belah berikut ini informasinya.
Perbedaan Gergaji Potong dan Belah
Perbedaan Gergaji Potong dan Belah

Berikut ini pengertian dari masing - masing:


  • Gergaji Potong
Gergaji potong merupakan gergaji yang memiliki bentuk yang ramping dengan  arah ketajaman satu sisi kedepan dan satu sisi kebelakang. Gergaji ini sangat memudahkan proses pemotongan kayu secara searah, artinya pemotongan mengikuti serat kayu tersebut. Jika anda menggunakan gergaji potong ini, nantinya hasil pemotongan dapat tepat, artinya sesuai degan ukuran yng diinginkan.

  • Gergaji Belah
Gergaji belah merupakan gergaji yang mempunyai mata yang lebar ke samping, gergaji belah ini sangat cocok digunakan untuk membagi sesuai dengan arah serat kayu, adapun prinsip gergaji belah ini adalah seperti tatah.

Diatas merupakan beberapa pengertian dari gergaji potong dan gergaji belah menurut bentuk serta fungsinya, namun jika anda ingin mengetahui perbedaan diantara keduanya, anda dapat melihat informasi berikut ini:

1. Dari Fugsinya
Gergaji potong dapat digunakan untuk memotong degan arah tegak lurus dan sesuai dengan serat kayu tersebut, sedangkan gergaji belah dapat digunakan untuk membelah kayu sesuai dengan seratnya.

2. Dari Bentuknya
Betuk gergaji potong mempunyai bentuk mata yang ramping, sedangkan gergaji belah mempunyai mata berbentuk melebar ke arah samping.

3. Arah Ketajaman
Arah ketajaman dari gergaji potong adalah satu sisi kedepan dan satu sisi lainya ke belakang, sedangkan gergaji belah mempunyai arah ketajaman yang berbeda - beda.

Baca Juga:
Jadi, ketika anda ingin menggunakn gergaji tersebut, tentukan dulu apakah ingin dipotong atau dibelah kayu tersebut, sehingga ketika pemilihan gergaji nantinya dapat sesuai dengan fungsinya. Dengan pemilihan gergaji yang tepat sesuai dengan fungsinya, tentunya akan mempermudah dan proses pemotongan maupun pembelahan kayu akan berjalan dengan cepat.

Gergaji
Gergaji
Demikian informasi mengenai perbedaan gergaji potong dan belah, diharapkan dengana adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang fungsi gergaji belah, fungsi gergaji potong, perbedaan gergaji sesuai dengan bentuknya.