-->

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas - Kulkas atau yang sering disebut dengan lemari es adalah salah satu peralatan elektronik yantg berfungsi untuk mendiginkan dan menyimpan makanan agar tetap segar. Seperti alat eletronik pada umunya, kulkas ini juga dapat mengalami kerusakan, salah satuya adalah kulkas tersebut tidak dingin dan kompresor panas. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi kulkas tidak dingin kompresor panas.

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas
Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas
Sebelum masuk ke dalam proses perbaikan, mari kita ketahui dulu apa itu kompresor? Kompresor merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk memompa gas freon ke seluruh sistem pemipaan kulkas. Komponen ini merupakan salah satu komponen inti yang terdapat di dalam kulkas, oleh sebab itu apabila komponen ini mengalami kerusakan, tentunya kulkas tidak dapat berjalan semestinya. Banyak sekali faktor penyebab mesin kompresor ini macet, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Panas
Panas merupakan salah satu penyebab kompresor tersebut macet, faktor bisa disebabkan oleh arus listrik yang tidak stabil, oli yang berkurang maupun beban pendingin yang sangat berat.

2. Gas Freon
Penyebab kompresor macet selanjutnya adalah gas freon. Faktor penyebabnya adalah bisa berupa sirkulasi yang terdapat pada gas freon tersebut terhambat dan buntu, akibatnya kerja kompresor akan menjadi lebih berat karena sistem pendingan gagal.

3. Kebocoran Pada Air Evaporator
Faktor ini menjadi salah satu penyebab kompresor kulkas tersebut macet, biasaya faktor inilah yang sering terjadi. Pada saat kita membersihkan kulkas, namun tidak sengaja kita justru mengenai pipa evaporator. Akibatya air tersebut akan terhisap oleh kompresor. Jika dibiarkan lama kelamaan tentunya dapat membuat kompreso tersebut mecet.

Itu merupakan beberapa faktor penyebab kompresor panas dan macet, namun penyebabnya tidak hanya itu saja masih bayak lagi yang lainnya. Jika sudah mengetahui penyebabnya selanjutnya adalah cara memperbaiki kompresor yang panas dan macet.

- Pembuangan Oli
Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika memperbaiki kompresor yang panas dan macet adalah dengan membuang oli, pembuangan ini dapat dilakukan dengan cara melalui pipa hisap yang berada di bawah, dengan begitu oli akan keluar dengan sendirinya.

- Pemberian Oli di Piston
Selanjutnya adalah pemberian oli kompresor tepat diatas stang piston. Agar pemberian oli dapat merata, putarlah stang piston tersebut secara perlahan di sertai dengan pemberian oli. Pastikan oli tersebut dapat rata dan menyeluruh.

- Tutup Kembali Penutup Kompresor
Agar saat pengisian freon tidak bocor, tutup kembali penutup kompresor tersebut, untuk menutupnya anda dapat menggunakan las listrik.

Baca Juga:
Tentunya dalam memperbaiki kulkas yang tidak dingin dan kompresor panas ini membutuhkan alat dan teknik tersendiri, oleh sebab itu apabila anda tidak memilikinya, sebaiknya serahkan urusan perbaikan kulkas anda kepada ahli yng sudah berpengalaman dalam bidang tersebut. 

Kulkas
Kulkas
Demikian informasi mengenai cara mengatasi kulkas tidak dingin kompresor panas, diharapkan dengan adaya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips mengatasi kulkas ytang tidak dingin, cara memperbaiki kompresor panas dan macet, solusi lemari es tidak dingin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel