-->

Cara Membersihkan Lemari Es dengan Benar

Cara Membersihkan Lemari Es dengan Benar - Lemari atau kulkas merupakan salah satu jenis elektronik yang berfungsi untuk mendinginkan minuman serta menyimpan makanan agar tidak cepat busuk. Saat ini banyak merek serta model dari lemari es ini. Semua elektronik pasti membutuhkan perawatan begitu juga dengan lemari es ini, perawatan diperlukan, apalagi umumnya kulks digunakan sehari - hari. Dengan membersihkan lemari es dengan benar merupakan salah satu perawatan paling mudah yang bisa anda lakukan agar kulkas anda dapat berfungsi secara maksimal.

Kali ini kita akan membahas tentang cara membersihkan lemari es dengan benar, dalam membersihkan lemari es ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika kulkas lama tidak dibersihkan akan menimblkan bau yang tidak sedap serta es banyak yang menempel di pintu serta bagian lainnya.


Berikut ini langkah - langkah cara membersihkan lemari es dengan benar:


1. Siapkan Alat dan Bahan
Tahapan pertama untuk membersihkan lemari es ini adalah dengan cara menyiapkan peralatan yang akan digunakan nantinya, Berikut ini merupakan alat yang dibutuhkan:
- Lap Bersih
- Sikat
- Ember
Setelah semua bahan dan alat siap lanjut ke tahapan berikutnya.

Cara Membersihkan Lemari Es dengan Benar
Cara Membersihkan Lemari Es dengan Benar

2. Matikan Lemari Es
Sebelum anda memberishkan lemari es, pastikan kulkas dalam keadaan mati. anda bisa mematikan kulkas dengan cara memutar tombol on off, selanjutnya cabut pada colokannya. Hal ini bertujuan untuk menghidari hal - hal yang tidak diinginkan dalam membersihkan lemari es ini, mengingat di dalam kulkas banyak terdapat komponen listrik.

3. Mengeluarkan Makanan dan Minuman
Setelah lemari es dimatikan, selanjutnya adalah mengelurakan makanan dan minuman yang terdapat di dalam lemari es, hal ini bertujuan agar tidak menggangu proses pembersihan lemari es, karena proses pembersihan ini harus dilakukan secara menyeluruh agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga:


4. Bersihkan Bagian Rak dan Komponen lainnya
Di dlama lemari es pasti terdapat rak ataupun komponen lainnya, besihkan rak tersebut dengan cara mencucinya dengan air bersih, anda bisa menggosoknya dengan la bersih agar noda yang menempel dapat hilang dengan mudah kemudian biarkan sampai benar - benar kering.

5. Bersihkan Bunga Es yang Terdapat di Freezer
Di dalam freezer pastinya terdapat bunga es, bunga ini muncul jika kulkas anda sudah lma tidak dibersihkan, lama kelamaan pastinya bunga tersebut akan memenuhi semua freezer. Cara membersihkannya adalah dengan cara membiarkan kulkas dalam keadaan terbuka, nanti dengan sendirinya bunga saldu tersebut akan mencair dan jatuh kebawah. Jika terdapat bongkahan yang besar, ambil bongkahan tersebut masukkan ke dalam ember. Hal ini untuk mempercepat proses pembersiha lemari es ini.

6. Pasang Kembali Semua Komponen
Jika sudah dipastikan semua komponen bersih dan juga kering, anda bisa memasang kembali komponen pendukung seperti rak, laci dan sebagainya.

7. Masukkan Makanan dan Minuman Kembali
Setelah laci dan rak terpasang, masukkan makanan dan minuman sesuai tempatnya. Sebaiknya pisahkan antara makanan dan minuman. Agar menghidari minuman tersebut menumpahi makanan yang ada.

Perawatan lemari es ini sangat penting untuk menjaga lemari es anda awet serta dengan lemari es yang bersih tentunya dapat menjaga kesehatan juga. Lakukan pembersihan lemari es ini minimal 1 bulan sekali atau jika lemari es anda sudah benar - benar kotor atau di dalam freezer banyak bunga salju yang menempel.
Demikian informasi mengenai cara membersihkan lemari es dengan benar, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara membersihkan bunga es di freezer, Cara merawat lemari es.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel